Langsung ke konten utama

Sumur Raksasa Di Pantai Pusat Laut Donggala

Pusat laut Donggala adalah Laguna berbentuk sebuah sumur raksasa ajaib  berdiameter kurang lebih 10 cm dengan kedalaman 7 meter, nampak dihiasi dengan ukiran dinding  karang alami. Air di pantai pusat laut Donggala konon diyakini masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit. Pantai pusat laut Donggala, selalu menjadi buah bibir yang selalu hangat untuk diceritakan, terutama mereka para penikmat petualangan  menantang dan seruh, selalu dibuat penasaran dan ingin tahu tentang penampakan sumur raksasa terbesar di dunia ini.


sumur-raksasa-ajaib-di-pantai-pusat-laut-donggala
Laguna pusat laut donggala


Pantai Pusat Laut terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dapat ditempuh dengan perjalana darat menggunakan roda dua dan empat dengan durasi tempuh sekitar 30 menit dari kota Palu ke arah selatan. Opsi perjalanan pun beragam, gunakan transportasi kota melalui terminal Tipo, atau lebih baiknya nya, menggunakan ojek motor, Sebagai bonus perjalanan,  kamu akan di suguhkan pemandangan indah  Teluk Palu berlatar puncak gunung gawalise yang mempesona.


Tidak kalah menariknya dengan tempat wisata  lainnya  di Indonesia, diantara tebing-tebing karang  air laut nampak  terlihat  jernih menyihir, pasir putih membentang luas menghiasi sepanjang bibir Pantai, siap untuk memanjakan wisatawan yang datang, untuk tinggal lebih lama menghabiskan waktu liburan.

Sensasi terjun kedalam sumur raksasa alami di  Donggala ini,  merupakan pengalaman paling sensasional, kita tidak akan pernah puas sudah berapa banyak melakukan atraksi lompat dari tebing kedalam lubang di  pusat laut Donggala.

sumur-raksasa-ajaib-di-pantai-pusat-laut-donggala
Suasana Anak-Anak Menangkap Koin yang di lempar pengunjung di Pusat Laut



Kita akan dibuat terus kecanduan, apalagi jika Anda adalah penggemar kegiatan ekstrem,  ini cara   memacu adrenalin agar maksimal, catatan atraksi hanya dilakukan bagi mereka benar paham  dengan teknik melompat dan memiliki keterampilan berenang mampuni, jangan sampai seruh-seruan dan hobby! dapat membahayakan keselamatan jiwa.

Bergantung di antara akar pohon sambil berayun dan melepaskan diri kedalam lubang di pusat laut Donggala  juga merupakan cara lain mendapatkan sensasi berbeda, jika masih ragu buat mencoba sensasi terjun ke pusat laut Donggala, tidak perlu  kuatir atraksi bocah-bocah si penangkap koin di sini bisa jadi semacam hiburan tersendiri buat kamu. 

Siapkan receh sebelum berangkat, nantinya dapat kamu bagikan dengan cara dilemparkan kedalam laguna indah ini, lihatlah atraksi  lihainya bocah-bocah  pantai ini dengan lincahnya terjun untuk menemukan  koin!.

sumur-raksasa-ajaib-di-pantai-pusat-laut-donggala
Bermain Gantungan di Akar Pohon Pusat Laut Donggala


Sekedar untuk memenuhi koleksi di feed Instagrammu, kamu juga bisa mengabadikan banyak momen, dan pastinya  keindahan di Pantai  Donggala ini bisa bikin banyak orang takjub dengan hasil bidikan lensa kamera punyamu.

Menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah lubang besar  sebagai penghubung air kedalam laguna , karena jarak nya  sangat berdekatan, kurang lebih 50 meter dari bibir pantai. 

Air di pantai pusat laut Donggala di yakini masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit, sehingga banyak pengunjung hanya datang sekedar mengambil air untuk di jadikan obat, atau be rendam ,  mungkin karena kandungan air garam, dimana kita tahu air dengan kandungan garam dapat juga digunakan  sebagai terapi  untuk beberapa penyakit, so jangan pernah berpikir  aneh-aneh ya..

sumur-raksasa-ajaib-di-pantai-pusat-laut-donggala
Menikmati Segarnya Air di Pusat Laut Donggala

Keindahan alam, melebihi baluran mitos  tak lekang oleh waktu dan terus dipercayai sebagai bumbu pemanis, sebagai daya tarik. bagi wisatawan yang penasaran dan terus bergentayangan mencari tempat-tempat terindah di Indonesia.

Sempatkan waktu untuk merasakan kehangatan sunset indah di Pantai Pusat laut, karena merupakan salah satu spot terbaik untuk kamu si pemburu senja, sambil menunggu waktu tepat. 

Landscape  nya nan rupawan sambil berjalan di tepian pantai, benamkan  kaki kedalam  butiran pasir putih di hangatnya air nan biru akan bikin hati teduh. dan buat para jomblo inilah saat paling tepat buat kamu berpapasan dengan jodoh.

Jika waktu masih cukup, tempat wisata terdekat dari lokasi saya saat ini di pusat laut donggala adalah pantai Kaluku yang letaknya bersebelahan,  sebagai  bonus perjalanan. Pantai kaluku pantai  nyiur melambai  mutiara di katulistiwa merupakan surga tersembunyi dan belakangan menjadi cukup terkenal sebagai destinasi wisata baru di Sulawesi Tengah. 

Hamparan pasir putih nan indah terbentang luas menghiasi Pantai dangkal di Kaluku. Selain itu pantai kaluku juga merupakan salah satu lokasi sunset point Terbaik di Donggala.

 



Di akhir perjalanan mampir sejenak di kota tua Donggala, terdapat bangunan gudang kopra tua peninggalan pemerintahan Belanda, berada tepatnya di pelabuhan tua dipinggiran kota  merupakan salah satu pelabuhan tua  di Indonesia  dan pernah berjaya di masanya, karena merupakan penghasil cendana  paling di buruh oleh orang-orang eropa saat itu , selain itu kita juga bisa sedikit mengulik mengenai sejarah Donggala sebagai  pusat peradaban di Sulawesi Tengah dibawa kekuasaan kerajaan Banawa. 

Sembari melepaskan lelah tidak ada salahnya anda mencicipi  beberapa hidangan Seafood   cukup terkenal  di terminal Donggala, hidangan ikan bakar disini sangat di buruh wisatawan, selain murah, ikan bakar di rumah makan terapung  terminal  Donggala selalu menyajikan ikan segar. 

Pilihannya pun beragam, mulai dari ikan baronang, kakap merah, karapu dan bahkan cumi-cumi pun bisa kita jumpai, seporsi  hidangan ikan bakar,  beserta nasi, sayur dan sambal dabu-dabu di bandrol dengan harga  Rp. 35.000,-  cukup murah bukan ! untuk menikmati kenikmatan hidangan ikan segar bersama angin sepoi-sepoi.


Wisata pantai Donggala, masih menjadi primadona andalan wisata di Sulawesi Tengah, hampir semua pantai pasir putih  di Sulawesi Tengah masuk dalam wilayah Kabupaten Donggala, dan salah satunya adalah .

Tanjung Karang, taman selam yang menawan dihuni oleh jutaan ikan  Unyu Unyu dalam keindahan terumbu karang berwarna-warni yang tampaknya menghias. Tanjung Karang adalah salah satu surga bawa laut  Indonesia.

Batu-batu alami yang besar muncul di sepanjang pantai Labuan, jadi pemanis, menghiasi alam Pantai berpasir putih ini.

potongan-potongan besar karang dalam hamparan pasir putih Pantai Bambarano  seperti opium yang tak terlupakan, surga tersembunyi di balik pesona Pusat Laut  Donggala sumur raksasa Ajaib di Donggala .
loading...

Komentar