Langsung ke konten utama

Danau Linow Dapat Berubah Warna Sesuai Musim

Keunikan Danau Linow, danau vulkanik yang warna airnya dapat berubah warna sesuai musim, membuat air danau berwarna di Tomohon ini  menjadi  daya tarik tersendiri  dan memikat hati wisatawan.

 Danau  yang  di hapit  oleh Gunung Lokon dan gunung Mahawu .dan salah satunya adalah gunung vulkanik yang masih aktif, yang membuat lingkungan alami pegunungan  yang kental kian terasa.

Perjalan  menempuh jarak kurang lebih 30 km dari kota Manado, dimana letak Keindahan dan keunikan danau linow yang mempesona ini bersembunyi. 

Karakteristik danau gunung berapi di desa Lahendong Kota Tomohon, selalu perubahan warna mengikuti kondisi alam membuat danau ini semakin menabjukan.



danau-linow-dapat-berubah-warna-sesuai-musim



Hari ini saya kebetulan didampingi oleh dua teman asli Manado Hery dan Billy dan satunya Konco dari Jakarta Galih,  kami kebetulan memiliki rencana untuk sama - sama  melakukan petualangan kecil di kota Tinutan.
loading...

Untuk dapat menemukan lokasi keindahan dan keunikan Danau Linow, perjalanan melewati jalan-jalan berliku diantara perbukitan  dan terkadang cukup curam.
Tetapi kelelahan Anda akan dibayar dengan keindahan dan keunikan Danau Linow yang dapat berubah warna sesuai musim di kota Tomohon.

danau-linow-dapat-berubah-warna-sesuai-musim
Selfie berlatarkan Suasana  Danau Linow 

Kadar sulfur cukup tinggi di  danau Linow, bermanfaat bagi kesehatan, belerang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit, seperti jamur, bakteri dan parasit pada kulit, sulphur biasanya dibuat dalam bentuk obat sabun atau krim

Tetapi jangan berpikir karena kandungan belerang di Danau Linow tinggi, anda mencoba masuk ke dalam air yang nampak terlihat mendidih ini,  jika tidak ingin kulit  anda terkupas.



Asal usul danau dengan luas sekitar 30-35 hektar berasal dan terbentuk dari letusan gunung berapi hingga akhirnya membentuk danau kawah.

Dengan membayar tiket masuk 30 ribu / orang,  include kopi bersama dengan pisang goreng Goroho, kita dapat menikmati pemandangan indah danau linow  sambil duduk di sebuah kafe tepat di tepi danau linow.

Interiornya sangat kontras dengan pemandangan alam pegunungan dan kawah lereng gunung merapi. Kursi dan meja nampak terbuat dari kayu membuat ta,pilan dekorasi lebih natural, sehingga semakin membuatnya nyaman untuk duduk berlama lama sambil menikmati keindahan danau linow.


danau-linow-dapat-berubah-warna-sesuai-musim

Dari tempat saya duduk, asap vulkanik terlihat jelas, tercium aroma bau sulfur, airnya berwarna hijau tua, dan suatu waktu akan berubah warna sesuai dengan kondisi panas yang dihasilkan.
Pantulan cahaya matahari y bias di permukaan air danau di waktu siang hari,  juga dapat mempengaruhi warna air danau,  nampak  terlihat berubah-ubah, warna danau kadang berubah warna menjadi terlihat berwarna jingga, menjadi merah, warna hijau, orang, hijau, biru dan cokelat.  

Hutan pinus menjadi pemanis bentang alam danau linow,  karakteristik tanaman pada  umumnya memang  sering kita jumpai tumbuh di dataran tinggi ini, membuat udara terasa sejuk,  diantara pohon pinus nan menjulang tinggi dan nampak rindang menghadirkan  pemandangan nankontras.

Danau Linow sendiri berasal dari penyebutan kata Lilinowan dalam Bahasa Minahasa berarti tempat berkumpul nya air, terdapat mitos mengenai danau linow, legenda masyarakat yang sampai saat ini masih bisa kita dengarkan mengenai harta karun tersembunyi didalam danau linow, dan hanya dapat dilihat oleh orang tertentu, wah sangat beruntungnya jika ternyata orang itu adalah anda!, sehingga masyarakat lokal pun banyak  datang, mencoba peruntungan sekaligus menikmati pesona pemandangan Danau Linow nan rupawan.



Senang bisa menginjakkan kaki di kota Tomohon, semua berkat bantuan Billy dan Herry Nyong yang memiliki Manado, telah menghabiskan waktu sejenak untuk  tur kecil kecil melalui jalan berliku di atas Tomohon, sensasi Sungguh menakjubkan, terima kasih bro!


loading...
loading...

Komentar