Langsung ke konten utama

Fenomena Gas Alam Dari Celah Tanah, Tanjung Api Ampana

Selain lanskap alami yang mengesankan antara tebing karang  menjulang tinggi, tanjung api menyimpan keunikan tersendiri bagi wisatawan khusunya pada perjalanan wisata Ampana  yang memukau.

  

Fenomena gas alam yang keluar dari celah tanah dan bebatuan merupakan  pemandagan yang cukup unik menjadi salah satu andalan wisata Ampana.


Biasanya saat ada pemicu maka tempat yang  terdapat gas alam akan terbakar,  di tanjung api  cukup  dengan mengeruk tanah, api pun langsung muncul,  fenomena ini terjadi bukan karena hal-hal gaib  atau supernatural, ada penjelasan ilmia yang bisa kita dapatkan dari fenomena alam seperti yang terjadi di tanjung api.

loading...
Fenomena Gas Alam  Tanjung Api  Ampana

Lokasi tanjung api, ditempuh dengan menggunakan perahu tradisional yang di sewakan oleh penduduk lokal dari pelabuhan ampana yang kebetulan dekat dengan tempat kami menginap Marina Cotage, harga sewa  Rp. 200, 000,-. round trip dengaan kapasitas muat untuk 6 orang.


Fenomena Gas Alam  Tanjung Api  Ampana

Sepanjang perjalanan kita akan melihat pemandangan alam yang cukup indah, bongkahan tebing karang yang tinggi sampai kepermukaan menghiasi garis pantai menuju tanjung api, pepohonan yang hijau nan asri nampak jelas terlihat, sesekali kita akan melihat burung bangau terbang, airnya laut yang bersih dan sangat jernih, terlihat jelas terumbu karang.  

Menempu perjalanan laut kurang lebih 20 menit dari pelabuhan ampana, kami pun tiba di tanjung api, rasa penasaran ingin menyaksikan secara langsung fenomena alam yang jarang bisa ditemukan ini, saya pun langsung mengeruk tanah untuk membuktikan cerita tentang tanjung api, terlihat kobaran api keluar dari cela-cela  tanah dan bebatuan tampa harus mengunakan pemicu. 
Sehingga tak jarang penduduk  lokal yang datang, membawa telur, pisang, ubi, untuk di rebus  mengunakan gas alam di tanjung api, jika gas alam ini dapat dikelolah pemerintah, dengan pembuatan Jargas, lumayan  sebagai penyediaan  energi murah dan bersih.
Fenomena Gas Alam  Tanjung Api  Ampana

Fenomena ini  bukan hanya terjadi di darat saja,  sepanjang pingiran pantai terlihat gelembung air mendidih, jika kita menyalakan  pemicu  diatas gelebung air laut  yang terdapat gas pun akan terbakar. 
Tiba waktunya kami harus kembali kepenginapan untuk mempersiapkan kegiatan public discussion sebentar malam di Marina Cottage, saya pun bersama ke empat papahiu in the gangs lainnya Om Deden, Mas Toto, Doni, Andri dan Yusman, pamit mundur tabe.....
loading...
loading...

Komentar