Langsung ke konten utama

Ritual Adat Balia, Kerasukan Buaya Hingga Wentira

Suku Kaili memiliki tradisi cukup unik dan beragam salah satunya adalah Ritual adat Balia. Setiap daerah mendiami  wilayah Lembah Palu yang terbagi-bagi beberapa suku adat, memiliki tata cara dan pelaksanaan ritual adat balia dengan cara  berbeda.

Balia   biasanya dilaksanakan sebagai ritual adat penyembuhan penyakit, jauh sebelum cara pengobatan modern ditemukan.


ritual-adat-balia-kerasukan-buaya-hingga-wentira
Ritual Balia 

Malam ini saya begitu penasaran, untuk menyaksikan  ritual adat Balia di Festival Palu Namoni,  kurang lebih sekitar 10 ritual adat  Balia  bakal tampil malam ini,  
saya pun dapat memilih dan menikmati lebih banyak pertunjukan  menarik salah satunya ritual adat balia,  bagi saya ini merupakan sebuah pertunjukan paling unik soalnya kita bakal dihadirkan tata cara pengobatan tradisional dalam sebuah ritual adat bernama Balia.

Berdasarkan informasi dari cerita beberapa orang sangat paham dengan ritual adat balia, dimana ritual adat ini biasanya   diadakan dalam kurun waktu  cukup lama, bahkan jika kondisi sakitnya sangat kritis, ritual adat Balia pun dapat di laksanakan  sampai berhari hari .

Terdengar bunyi alat musik ditabuh dan beberapa orang telah kerasukan, saya pun sering  mendengar penyebutan wentira dilontarkan saat kesurupan. wentira sendiri memiliki kisah sangat kental dengan sifat magis, banyak cerita mistis tentang Wentira,  sering terdengar.

Rumor selalu berkembang di masyarakat, menghadirkan cerita mistis, barang siapa  pernah diundang oleh penduduk wentira dan telah menikmati semua sajian makanan   terutama makanan berwarna kuning, maka orang tersebut  tidak pernah bisa kembali dan akan menjadi penghuni Wentira selamanya. dari rumor ini, banyak orang hilang dalam waktu cuku lama dianggap telah diambil oleh Penghuni wentira.

Kisah ini pernah saya dengarkan dari salah satu kolega saya,   sebut saja namanya marno, teman nya mawar,  sempat menghilang cukup lama namun tiba-tiba muncul kembali. em.. sambil tarik nafas panjang dan nganguk-nganguk. mungkin saja dia lagi liburan panjang dan lupa tinggalkan pesan buat orang rumah.

Kisah-kisah tentang Uwentira memang cukup luas di masyarakat, terutama Sulawesi Tengah, ke salah satu TV Swasta Indonesia pun pernah datang dalam hasil tentang misteri Uwentira, dikatakan wentira sebagai kerajaan dimana bangunannya semua dibungkus emas dan merupakan warisan dari benua Atlantis yang hilang serta dianggap sebagai tempat paling keramat di Indonesia. 
Kaili tribe has a unique and diverse tradition of Balia ceremony, I am very interested to see The Balia ceremony, many interesting things that we can see The Balia ceremony. Every area within the Palu Valley area is divided into several indigenous tribes, so that the procedures and the implementation of the nyuan are different,at the Namoni Festival there are about 10 ceremonial Balia presented tonight at the opening ceremony, the number of cultural arts activities of Central Sulawesi are displayed as a fascination in order to promote the Culture of Palu in the eyes of the World. Balia ceremonies are usually performed for the healing rituals of the disease, and are usually held for up to seven consecutive days. There was the sound of musical instruments beating and several people were possessed, and there was often mention of Uwentira.
loading...
loading...

Komentar

Posting Komentar