Langsung ke konten utama

Belajar Arti Tenggang Rasa Dari Jembatan Kayu Pusulemba Tentena

Jembatan kayu pusulemba, nampak masih terlihat kokoh, walaupun usianya sudah mencapai ratusan tahun, merupakan salah satu jembatan kayu yang memiliki banyak cerita dan kenangan bagi masyarakat Poso.



Jembatan Kayu Pusulemba Tentena
Jembatan Kayu Pusulemba Tentena

Jembatan Pusulemba merupakan satu-satunya jembatan penghubung  yang hanya bisa dilewati dari salah satu arah berlawanan, di sinilah letak keunikan jembatan kayu ini, mengajarkan masyarakat untuk memiliki tengang rasa yang tinggi, berada tepat diatas  aliran air Danau Poso, jembatan kayu ini nampak terlihat  menawan, beberapa desa di Kecamatan Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. sangat bergantung terhadap keberadaan jembatan ini, sebelum jembatan kayu ini ada dulunya aksesibilitas dengan menggunakan perahu kayu.

Sepanjang aliran Danau Poso
Sepanjang aliran Danau Poso 

Sepanjang aliran Danau Poso banyak terdapat karamba,  sejenis tempat penyimpanan ikan yang terbuat dari kayu berbentuk segi empat,  Danau Poso rumah bagi habitat ikan air tawar, dan beberapa Endemik asli Danau Poso hidup.

Danau Poso, menjadi sumber mata pencarian sebagian warga di kecamatan tentena, tepatnya Danau terbesar dan terdalam Ke-3 di Indonesia Setelah danau Toba Sumatera Utara dan Danau Singkarang Sumatera Barat.


Karamba di Danau Poso yang dipenuhi dengan ikan habitat air tawar
Karamba di Danau Poso yang dipenuhi dengan ikan habitat air tawar

Saya ingat betul  saat  datang berlibur ke Tentena,  memancing di pinggiran Danau Poso merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan, jumlah ikan air tawar yang melimpah menjadikan warga sering meletakan ikan hasil tangkapan kedalam keramba atau kolam sambil menunggu pembeli atau sekedar untuk mencukupi kebutuhan harian sebagai lauk utama.
Suhu udara di Tentena sangat dingin hingga   hasil panas berkondensasi di udara yang dingin menyebabkan nafas  mengeluarkan asap seperti kepulan asap tembakau,  menjelang sore harinya Tentena pasti  sering diguyur hujan, saya sangat senang dengan udara Tentena yang sejuk. harus tidur dengan selimut berlapis tebal, sebagai penangkal rasa dingin.

Dengan dibangunya jembatan baru tepat disamping jembatan kayu Pusulemba, fungsi jembatan pun sebagai satu-satunya akses jalan penghubung dipindahkan .  hingga akhirnya jembatan kayu Pusulemba  di robohkan  bersama cerita dan kenangan yang tidak terlupakan  jembatan kayu yang hanya bisa dilewati satu arah dari sisi yang berlawanan. 
loading...
loading...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas