Langsung ke konten utama

Belut Moray Raksasa, Hewan Laut Pemalu Bergigi Tajam

Belut Moray, ikan terlihat menyerupai ular ini biasanya dapat kita jumpai di antara terumbu, bentuknya menyerupai ular sebenarnya hanya sejenis ikan hasil berevolusi , membuat Belut Moray Raksasa menjadi hewan laut nampak terlihat menakutkan, cerita - cerita mengenai belut laut raksasa yang hidup didalam samudra menambah kesan seram hewan satu ini. ditemukan di seluruh dunia di sana Ada lebih dari 200 spesies Belut Moray  berbeda dan meskipun tampilan nya mungkin berbeda mereka semua memiliki satu karakteristik utama

belut-moray-raksasa-hewan-pemalu-bergigi-tajam
Belut Moray

Namun dibalik cerita menakutkan tentang Belut Moray Raksasa, hewan satu ini  tergolong jenis sangat pemalu namun sedikit agresif, tubuhnya nampak panjang menyerupai ular, sangat siaga dan dapat menyerang dan mengakibatkan gigitan luka serius ketika ada penyelam datang mendekat namun cukup menjaga jarak  sedikit lebih jauh  baik dan aman untuk kita dapat mengamati perilaku Belut Moray   bergigi runcing dan bermulut moncong seperti Naga.

loading...
 



belut-moray-raksasa-hewan-pemalu-bergigi-tajam
Belut Moray Raksasa
Biasanya ukuran panjang Belut Moray Raksasa ramping bisa mencapai 11 CM jenis Slender Moray, dan Belut Moray  (Gymnothorax Javanicus), Belut  Moray Raksasa  bisa mencapai  panjang hingga 2,5 meter dan beratnya mencapai 30 kilogram sedangkan BelutMoray terkecil adalah Snyder's Moray mempunyai ukuran hanya di bawah 12 cm,   tubuhnya berlendir seperti belut pada umumnya, lebih agresif di malam hari karena mereka aktif di malam hari dan digunakan melihat dalam kegelapan saat berada di bawah air membutuhkan ketajaman visual tertentu agar memburu moluska dan cumi-cumi, kebanyakan hidup di perairan tropis dengan suhu hangat seperti Indonesia.

Belut Moray  adalah hewan pemburu, Belut Moray Raksasa menerjang mangsa saat mereka lewat, terjang Belut Moray  menghasilkan gelombang dan bisa menyeret mangsanya dengan memindahkan mereka keluar jangkauan mereka, dengan cerdik  Belut Moray membuka kedua sisi mulutnya nampak besar memungkinkan adanya air untuk bergerak melalui mulut mereka dan gelombang.

Kebetulan di liburan akhir pekan  kali ini di Pantai Tanjung Karang, saya  sangat beruntung dapat melihat penampakan  Belut moray Raksasa berukuran sedang saat sedang snorkeling, awalnya sempat dibuat kaget oleh penampakan Belut Moray   terlihat mirip ular laut.  

belut-moray-raksasa-hewan-pemalu-bergigi-tajam
Karena Bentuk Belut moray  memang  sangat terlihat seperti ular, banyak orang  dibuat ketakutan melihat kemunculan belut yang hidup dilautan ini. 


Dengan gerakan cukup tenang kita mulai   mendekati Belut moray,  menjaga jarak  sekitar 1 meter dari Belut Moray raksasa terlihat sedang bersembunyi di sela-sela terumbu, terlihat sedikit  agresif  jika ada seseorang datang mendekat, maka kamipun berusaha selalu menjaga jarak, agar Belut moray merasa tidak terganggu. 

Tubuh belut moray  tertutup lendir dan pada beberapa spesies lendir itu beracun kulitnya dilapisi sel , disebut sel piala, biasanya Belut Moray Raksasa gunakan lendir sebagai pelindung diri sendiri dari lecet disebabkan oleh ujung  tajam dari bebatuan dan karang.

Seiring bertambahnya usia Belut Moray Raksasa mengembangkan warna mencolok, Belut Moray remaja berwarna hitam tapi seiring bertambahnya usia  menjadi biru tua dan kuning jika jantan dan seluruhnya kuning jika Belut Moray betina.

Belut Moray Raksasa terlihat melambai-lambai, kepala  moncong nya sigap menyerang siapa saja  dianggap  mengancam, namun kamu tidak perlu kuatir karena Belut moray  tidak  menyerang jika kamu tidak melakukan gerakan berlebihan di dalam air, karena pada dasarnya Belut moray memiliki penglihatan sangat buruk, Belut Laut Raksasa hanya mengandalkan indra penciuman dan  gerakan  untuk memburu mangsanya .
Namun dibalik cerita menakutkan mengenai belut moray raksasa, hewan bergigi tajam dan bermulut moncong  menghuni samudra,  keindahan   taman bawah  laut  tanjung karang   nan indah, rumah bagi habitat ikan dan karang warna-warni, termasuk rumah bagi Belut Laut Raksasa , salah satu hewan laut  di perairan hangat. 

Selain perairan nya nan mempesona juga  merupakan pantai berpasir putih di Kabupaten Donggala dan  merupakan primadona andalan  wisata pantai di Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Masih penasaran rupa penampakan belut raksasa, serta keindahan taman bawah laut pantai Tanjung Karang Donggala, harus segera memasukan dalam bucket list perjalanan di minggu ini, bonus nya kamu dapat   melihat pantai-pantai sekitarnya tak kalah indahnya.



loading...
loading...

Komentar