Langsung ke konten utama

Mengintip Megahnya Jembatan Ponulele Landmark Palu

Palu memiliki sebuah Jembatan lengkung panjang bernama  jembatan Ponulele Palu merupakan salah satu landmark wisata Kota Palu. 

Di dominasi warna kuning keemasan, dan nampak indah di malam hari saat lampu warna warni  berganti menyoroti Jembatan Ponulele Palu, bentuknya  menyerupai  logo McDonald's sehingga sering kali warga palu menyebut  Jembatan Ponule dengan sebutan sebutan jembatan McDonald's.


mengintip-megahnya-jembatan-ponulele-landmark-palu
Gemerlap Jembatan  Ponulele  Di malam Hari



Jembatan ini dibangun tepat diatas muara sungai Palu, dimana tempat Buaya Berkalung Ban sering menampakan diri, dan akhirnya menjadi viral hingga Matt Wright, pegiat konservasi buaya asal Australia dan Panji Petualang terpanggil untuk datang melakukan  misi penyelamatan melepaskan ban yang melilit leher buaya. 
mengintip-megahnya-jembatan-ponulele-landmark-palu
Jembatan Ponulele rubuh diterjang Tsunami

Dibalik aksi heroik pernah dilakukan dua profesional dalam menangani binatang melata bergigi runcing ini, Terekam  aksi bikin kamu gregetan, bayangkan dibalik aksi Matt Wright dan panji  beberapa kali gagal untuk melakukan misi penyelamatan, lihat betapa menggemaskan aksi seorang ibu di vidio pada kiriman Andi Anir di halaman Facebook nya beberapa bulan lalu,


Nampak aksi nekat seorang ibu menggunakan daster, sedang berdiri dan ber jarak cukup dekat dengan predator berdarah digin ini, aksi ini tentunya bikin gemas seantero jagat manusia. dibalik mendunia cerita Buaya Berkalung Ban Salute buat ibu berdaster.

Aksi seorang ibu dekat dengan  Buaya Berkalung Ban

Jembatan Ponulele diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menelan anggaran Negara mencapai  Puluhan Milyar, nila cukup funtastis.
Jembatan ini membentang di atas muara sungai di Teluk Palu tepatnya berada di kelurahan Besusu dan Lere, menjadi penghubung kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.
Jembatan Ponulele merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia yang dibangun tepat diatas sungai yang membelah Kota Palu tepatnya di pinggiran  muara Palu, banyak perhelatan besar  pernah diadakan berdampingan dengan lokasi Jembatan Ponulele.

Sebagai salah satu icon kota Palu kawasan di seputaran  Jembatan Ponulele pun ikut ditata sedemikian indahnya,  salah satunya adalah kawasan Pantai Talise, merupakan  salah satu sudut terindah melihat  gemerlap sorotan lampu  Jembatan Ponulele.

Gempa dengan kekuatan 7,9 mengguncang palu, beberpa tahun lalu mengakibatkan Jembatan Ponulele  kebanggaan Masyarakat Palu rubuh seketika dalam hitungan detik, kini Jembatan Ponulele palu, tinggal puing kenangan, yang tetap terkenang. 









loading...
loading...