Langsung ke konten utama

Leang Leang Maros Taman Purbakala Yang Dulunya Lautan

Leang Leang merupakan salah satu  situs Purbakala tertua  di Indonesia berusia ribuan tahun, Taman Prasejarah  Leang Leang Maros  terletak sekitar 11 km dari kota Maros, tepatnya di kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi  Sulawesi Selatan. 

Menyimpan banyak bukti peninggalan zaman purbakala, diantara terjal nya pegunungan karts leang leang maros. Taman Purbakala  Leang Leang menjadi salah satu destinasi wisata maros  paling di populer, hingga banyak wisatawan Lokal maupun Mancanegara yang datang. 

Keindahan bentang alam  leang leang maros menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, diantara perbukitan karts nan curam terdapat banyak  gua gua purbakala  menjadi salah satu keunikan dari Taman Purbakala berumur ribuan tahun di Leang Leang Maros.

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan
Taman wisata prasejarah leang leang

Jika berangkat dari terminal Daya Makassar  menuju pasar Maros, perjalanan diperkirakan  menempuh jarak  kurang lebih sekitar 1 jam waktu perjalanan, dengan menggunakan angkutan umum nanti setelah kita tiba di pasar Maros, perjalanan masih   dilanjutkan dengan menggunakan pete-pete, sejenis bus mini dengan penumpang  duduk saling berhadapan, dengan tujuan Bantimurung.
loading...
Setelah tiba di Bantimurung perjalanan  dilanjutkan ke lokasi Taman Purbakala Leang Leang  dengan menggunakan ojek,  jarak tempuh dari jalan poros sekitar 10 menit untuk sampai di Taman  Purbakala Leang Leang, walaupun menempuh perjalanan panjang namun kamu dapat dibuat takjub dengan keindahan alam Taman Purbakala Leang Leang Maros.

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan
Taman Prasejarah Leang Leang Maros

Memasuki lokasi  Leang Leang, saya pun terpesona dengan keindahan alamnya nan menawan, pemandangan nya begitu memukau hati, hamparan sawah  berlatar  gunung karst Taman Purbakala Leang Leang Maros merupakan  pemandangan alam cukup istimewa sulit untuk di temukan pemandangan serupa di Dunia.  

Merupakan pegunungan karts terbesar kedua di dunia setelah  Guangzho Cina, nampak kontras dipandang mata. Leang leang Maros dalam bahasa makassar  berarti  Gua.

Karena terdapat  banyak  sekali gua diantara cela dinding curam perbukitan karts, wisata leang leang Maros yang juga berarti wisata gua Taman Purbakala Leang Leang, nantinya kita dapat menjumpai beberapa gua gua peninggalan manusia purbakala dapat ditemukan  di leang leang Maros. 

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan
Taman Prasejarah Leang Leang

Gua bekas peninggalan manusia purbakala jumlahnya sendiri mencapai 286 gua diperkirakan sudah di huni dan ada sejak beribu tahun silam tepatnya di dalam gua-gua di perbukitan karts leang leang,  dengan ditemukan  peninggalan  arkiologis berupa lukisan prasejarah  tanda tapak tangan wanita (rock Painting) berwarna merah di  dinding  gua Petta Kere.   

Lukisan prasejarah lainnya  berupa gambar  babi rusa  sedang meloncat dengan panah menancap dibagian dada, lukisan prasejarah tersebut diperkirakan para ahli  arkeologis   sudah berumur sekitar 5.000 tahun, maka gua diperhitungkan sudah dihuni sekitar tahun 8.000-3.000 sebelum masehi, sehingga gua di Taman Prasejarah leang leang  termasuk dalam gua-gua tertua yang sudah dihuni manusia purbakala sebelum peradaban modern ada.


leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan

Bukit karts  berusia ribuan tahun di Leang Leang

Taman Prasejarah Leang leang berada dalam kawasan Taman nasional Bantimurung Bulusaraung  terdapat banyak sekali ditemukan gua-gua  purbakala  berada di antara pegunungan karts berusia ribuan tahun, namun siapa sangkah bahwa dulunya area  ini adalah lautan, dengan ditemukan banyak sekali benda- benda laut seperti kulit kerang  di sekitar mulut gua Pettae  memperkuat anggapan para peneliti bahwa benar adanya laut di leang leang .

Taman Purbakala Leang Leang  telah di huni  manusia purbakala beribu tahun lamanya, dan kini menjadi wisata yang terdokumentasikan sebagai salah satu objek wisata unggulan Sulawesi Selatan.

Objek wisata sekitar nya seperti Situs Karama, Telaga Bidadari, Gua kunang-kunang, serta wisata taman kupu-kupu yang tersohor Sejak jaman penjajahan Belanda banyak para kolonial  datang ke Bantimurung untuk berwisata mengamati kupu-kupu menjadi pilihan pelengkap perjalanan bersama jembatan langit Helena sky Bridge diantara tebing - tebing terjal pegunungan karts Bantimurung menjadi bonus perjalanan wisata taman purbakala leang leang.

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan


Lega rasanya telah menjejalkan kaki di leang leang berharap suatu saat saya dapat mengunjungi kembali taman wisata prasejarah leang-leang, cerita dan pengalaman  luar biasa, terimakasih buat Nurul  sudah menjadi penunjuk jalan sekaligus tuan rumah yang sudah  menjamu dan memberikan  tumpangan beberapa hari  di Maros, cerita ini tidak  seruh dan lengkap tanpa bantuanmu!
loading...
loading...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas