Langsung ke konten utama

Leang Leang, Taman Purbakala Yang Dulunya Lautan!

Leang Leang merupakan salah satu  situs Purbakala tertua  di Indonesia berusia ribuan tahun, Taman Prasejarah  Leang Leang Maros  terletak sekitar 11 km dari kota Maros, tepatnya di kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi  Sulawesi Selatan. 

Menyimpan banyak bukti peninggalan zaman purbakala, diantara terjal nya pegunungan karts leang leang maros. Taman Purbakala  Leang Leang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Sulawesi Selatan.

Keindahan bentang alam  leang leang maros menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, diantara perbukitan karts nan curam terdapat banyak  gua gua purbakala  menjadi salah satu keunikan dari Taman Purbakala berumur ribuan tahun di Leang Leang Maros.

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan
Taman wisata prasejarah leang leang

Jika berangkat dari terminal daya Makassar  menuju pasar Maros, perjalanan diperkirakan   kurang lebih sekitar 1 jam waktu perjalanan, dengan menggunakan angkutan umum, nanti setelah kita tiba di pasar Maros, perjalanan masih   dilanjutkan dengan menggunakan pete-pete, sejenis bus mini dengan penumpang  duduk saling berhadapan, dengan tujuan Bantimurung.
loading...
Setelah tiba di Bantimurung perjalanan   ke lokasi Taman Purbakala Leang Leang  dapat menggunakan ojek, waktu tempuh dari jalan poros sekitar 10 menit untuk sampai di Taman  Purbakala Leang Leang, walaupun menempuh perjalanan panjang namun kamu dapat dibuat takjub dengan keindahan alam Taman Purbakala Leang Leang Maros.

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan
Taman Prasejarah Leang Leang Maros

Memasuki lokasi  Leang Leang, saya pun terpesona dengan keindahan alamnya nan menawan, pemandangan nya begitu memukau hati, hamparan sawah  berlatar  gunung karst Taman Purbakala Leang Leang Maros merupakan  pemandangan alam cukup istimewa sulit untuk di temukan pemandangan serupa di Dunia.  

Merupakan pegunungan karts terbesar kedua di dunia setelah  Guangzho Cina, nampak kontras dipandang mata. Leang leang Maros dalam bahasa makassar  berarti  Gua.

Karena terdapat  banyak  sekali gua diantara cela dinding curam perbukitan karts, wisata leang leang Maros yang juga berarti wisata gua Taman Purbakala Leang Leang, nantinya kita dapat menjumpai beberapa gua gua peninggalan manusia purbakala dapat ditemukan  di leang leang Maros. 

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan
Taman Prasejarah Leang Leang

Gua bekas peninggalan manusia purbakala jumlahnya sendiri mencapai 286 gua diperkirakan sudah di huni dan ada sejak beribu tahun silam tepatnya di dalam gua-gua di perbukitan karts leang leang,  dengan ditemukan  peninggalan  arkiologis berupa lukisan prasejarah  tanda tapak tangan wanita (rock Painting) berwarna merah di  dinding  gua Petta Kere.   

Lukisan prasejarah lainnya  berupa gambar  babi rusa  sedang meloncat dengan panah menancap dibagian dada, lukisan prasejarah tersebut diperkirakan para ahli  arkeologis   sudah berumur sekitar 5.000 tahun, maka gua diperhitungkan sudah dihuni sekitar tahun 8.000-3.000 sebelum masehi, sehingga gua di Taman Prasejarah leang leang  termasuk dalam gua-gua tertua yang sudah dihuni manusia purbakala sebelum peradaban modern ada.


leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan

Bukit karts  berusia ribuan tahun di Leang Leang

Taman Prasejarah Leang leang berada dalam kawasan Taman nasional Bantimurung Bulusaraung  terdapat banyak sekali ditemukan gua-gua  purbakala  berada di antara pegunungan karts berusia ribuan tahun, namun siapa sangkah bahwa dulunya area  ini adalah lautan, dengan ditemukan banyak sekali benda- benda laut seperti kulit kerang  di sekitar mulut gua Pettae  memperkuat anggapan para peneliti bahwa benar adanya laut di leang leang .

Taman Purbakala Leang Leang  telah di huni  manusia purbakala beribu tahun lamanya, dan kini menjadi wisata yang terdokumentasikan sebagai salah satu objek wisata unggulan Sulawesi Selatan.

Objek wisata sekitar nya seperti Situs Karama, Telaga Bidadari, Gua kunang-kunang, serta wisata taman kupu-kupu yang tersohor Sejak jaman penjajahan Belanda banyak para kolonial  datang ke Bantimurung untuk berwisata mengamati kupu-kupu menjadi pilihan pelengkap perjalanan bersama jembatan langit Helena sky Bridge diantara tebing - tebing terjal pegunungan karts Bantimurung menjadi bonus perjalanan wisata taman purbakala leang leang.

leang-leang-maros-taman-purbakala-dan-dulunya-lautan


Lega rasanya telah menjejalkan kaki di leang leang berharap suatu saat saya dapat mengunjungi kembali taman wisata prasejarah leang-leang, cerita dan pengalaman  luar biasa, terimakasih buat Nurul  sudah menjadi penunjuk jalan sekaligus tuan rumah yang sudah  menjamu dan memberikan  tumpangan beberapa hari  di Maros, cerita ini tidak  seruh dan lengkap tanpa bantuanmu!
loading...

Komentar