Langsung ke konten utama

Gong Perdamaian Palu, Monumen Nosarara Nosabatutu

Gong Perdamaian Palu atau juga biasa disebut monumen Nosarara Nosabatutu  artinya kita bersaudara kita Bersatu. Gong Perdamaian Palu, merupakan sebuah simbol persaudaraan, ragam latar belakang Suku, Agama  dapat hidup berdampingan dalam damai.  

gong-perdamaian-palu-tempat-wisata-bersimbol-kedamaian
Pemandangan Teluk Palu dari puncak Gong Perdamaian

Gong Perdamaian  Palu  kini menjadi wisata baru bersimbol kerukunan, memiliki makna begitu dalam Gong Perdamaian  Palu  bukan sekedar simbol, melainkan ada nilai-nilai toleransi selalu tertanam dibalik kemegahan Gong Perdamaian. Berhubungan dengan konflik yang pernah terjadi di Poso beberapa tahun silam merupakan duka  bersama, mengajarkan   banyak hal mengenai pentingnya perdamaian, dengan di bangunnya gong perdamaian Palu, sebagai  simbol dan  momentum  penting.


gong-perdamaian-palu-tempat-wisata-bersimbol-kedamaian
Gong Perdamaian Nusantara di Palu
Lahan seluas kurang lebih 1000 meter persegi, berada dekat dengan kawasan bukit jabal Nur STQ Tondo, melewati jalan Soekarno Hatta, letak gong perdamaian  berada. 

Bangunan terdiri tiga lantai berwarna putih ini, berbentuk susunan kotak-kotak , tepat di atas bangunan terlihat seperti tugu monas jakarta. di tugu ini kita dapat melihat pemandangan teluk  nan menawan di antara pemandangan gunung Gawalise  nampak mutiara di garis katulistiwa  nan Indah.
gong-perdamaian-palu-tempat-wisata-bersimbol-kedamaian
Tugu perdamaian Palu
Gong Perdamaian Nusantara, berwarna kuning emas, mempunyai tiga lingkaran di mana setiap lingkaran terdapat simbol simbol Agama, Logo Kota, Kabupaten dan Propinsi.

Berakar pada Gong Perdamaian Dunia juga merupakan gagasan ide Mr Djuyoto Suntani dan selaku Presiden The World Peace Committee organisasi dengan fokus pada perdamaian Dunia.

Gong Perdamaian Nusantara  cuman  bisa kita temukan  di beberapa lokasi di indonesia, antara lain Yogyakarta, Kupang, Singkawang, Bangka Belitung dan . 

Sebagai sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa g secara khusus diciptakan oleh The World Peace Committee. 
gong-perdamaian-palu-tempat-wisata-bersimbol-kedamaian
Tugu Perdamaian Palu


Dapat melihat  hamparan pemandangan kota lima dimensi  terdiri dari, teluk, lembah, laut, gunung, dan sungai palu nan  memikat hati dari ketinggian adalah salah satu daya tarik lokasi wisata Gong Perdamaian  , "Nosarara Nosabatutu" soalnya letaknya tepat berada di sutara teluk palu dan tidak jauh dari pusat kota, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit.

Waktu  tepat untuk berkunjung adalah menjelang sore, guna menghindari teriknya matahari  menyengat, namun  dibalik teriknya Palu,  angin  berhembus kencang diatas puncak  kawasan wisata baru ini,  membuat suasana terasa adem, Gong Perdamaian   selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Palu.






loading...

Komentar