Langsung ke konten utama

Wisata Gua Tengkorak Di Kampung Penggoli Pamona Timur

Rasa penasaran mengenai cerita  gua berisi tengkorak  di kampung Penggoli. berada tepatnya di Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 

Gua di Kampung Penggoli  merupakan salah satu wisata gua tengkorak dikabupaten Poso, selain wisata gua tengkorak Pamona dan wisata gua tengkorak Latea  cagar budaya Sulawesi Tengah.

wisata-gua-tengkorak-di-kampung-penggoli-pamona-timur
Peti Kayu berisikan Tengkorak Manusia di Gua Kampung Penggoli Pamona Timur, Kab Poso

Mengulik sebuah sejarah menjadi daya tarik perjalananku kali ini di kawasan Pamona timur Kabupaten Poso, merupakan salah satu kabupaten andalan tujuan wisata Sulawesi Tengah, pesona budayanya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya wisata gua tengkorak manusia.

loading...
 

Zaman dahulu suku Pamona mempunyai adat untuk menguburkan orang  meninggal kedalam gua loh wanderlust, sehingga ditemukan beberapa gua-gua peninggalan suku Pamona  berisikan tengkorak manusia, kebudayaan ini masih terus berlangsung sekitar awal abad ke-17 sebelum Belanda masuk ke wilayah dataran tinggi Sulawesi Tengah.

wisata-gua-tengkorak-di-kampung-penggoli-pamona-timur
Gua  Berisi Tengkorak Di Kampung Penggoli

Memungkinkan untuk ditemukan gua sejenis di lokasi  berbeda di kawasan Pamona, dan ini adalah cerita pertama mengenai Gua Tengkorak  di Kampung Penggoli yang pernah ada wanderlust.

Pastinya gua ini  belum ada nama jadi  nya hanya mecantol berdasarkan kampung diman letak gua ini berada yaitu Kampung Penggoli, syukur  jika cerita ini dapat membuat gua ini terkenal dan dapat menjadi tujuan wisata baru di Pamona Utara..

wisata-gua-tengkorak-di-kampung-penggoli-pamona-timur



Tulang dan Tengkorak Manusia. Masih Utuh didalam Peti
Kesulitan menemukan lokasi gua menjadi kendala, karena komunitas aslinya di sini juga jarang tahu persis lokasi gua, sehingga akan sangat sulit ditemukan.

Informasi tentang keberadaan gua,  saya peroleh  dari percakapan   salah satu kerabat, bernama Azis Salamba, yang kebetulan bermukim dekat dengan lokasi gua di kampung Penggoli,  berbekal informasi tersebut kami pun  menggali informasi lebih dalam  mengenai letak pasti gua tengkorak tersebut. azis  bersedia untuk mengantar dan juga  jadi pemandu jalan  hari ini 


Melewati jalan antara perkebunan kelapa sawit, dan pohon coklat milik warga setempat, menuju ke lokasi gua ini terbilang rumit, namun ini menjadi petualangan baru dan menantang, tidak jarang sesekali kami harus bertanya  arah ke lokasi gua.

Setelah tiba di lokasi gua tengkorak, ada bukit curam dan batu besar di antara pohon-pohon rica milik penduduk , kebetulan sedang membuka lahan perkebunan tepat di samping gua.

Jalan  sedikit curam, membutuhkan tenaga ekstra untuk melangkahkan kaki diantara Hela nafas yang ter engah-engah,  memasuki lokasi  gua tengkorak tampak terlihat peti jenazah yang terbuat dari kayu tampak tua dan lapuk dimakan usia berjejer. 

Saya pun tiba di pintu gua terlihat sebuah peti dengan tumpukan tengkorak. Ada sesuatu rasa lain ketika sedang mengabadikan momen diantara peti jenazah penuh tumpukan tengkorak di kampung Penggoli.

Sentuhan tangan mengusap kebagian kaki, hal ini saya anggap merupakan salah satu interaksi  biasa sering terjadi ditempat-tempat tua seperti ini , artinya  kami telah diterima, untuk bertandang di Gua Tengkorak Kampung Penggoli.

Menyambut kehadiran kami,  interaksi antara dunia astral telah terjadi, dan membuat ku semakin penasaran untuk melihat kedalam gua, namun kondisi pintu masuk gua yang begitu sempit sehingga  hanya dapat melihat dari depan mulut gua diantara cela cela gua yang kemungkinan didalam ada terdapat lebih banyak lagi peninggalan Arkeologis. 

Senang rasanya  dengan petualangan kali ini walaupun harus sedikit kecewa karena tidak dapat masuk kedalam gua karena kondisi gua sangat tidak memungkinkan untuk dapat dimasuki, namun ini akan menjadi cerita dan pengalaman menarik khusunya untuk traveler menemukan sensasi baru berpetualang bersama gua di kampung Penggoli yang berbatasan langsung antara Desa Pancasila dan Desa Tiwaa.



loading...
loading...

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas