Langsung ke konten utama

Benteng Fort Rotterdam Sejarah Peninggalan Kerajaan Goa

Benteng Fort Rotterdam adalah benteng bersejarah Peninggalan Kerajaan Goa  merupakan peninggalan Raja Goa X, Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau Karaeng Tunipalanga. 

Wisata sejarah memang sangat menarik wanderlust, kita jadi lebih banyak  belajar mengenai banyak hal, pada perjalanan saya kali ini di kota Makassar  mengunjungi tempat bersejarah. 

Benteng tahun 1545 ini nampak masih berdiri kokoh, dulunya bernama Benteng Panyua atu Benteng Ujungpandang, setelah tahun 1667 Benteng direbut Belanda dan berganti nama Fort Rotterdam. 

Benteng berada di pusat kota Makasar dekat pantai Losari sangat mudah untuk di jangkau bagi wisatawan, dan kebetulan  menginap di salah satu hotel  dekat  dengan Pantai Losari.

Indonesia terdapat beberapa bangunan benteng peninggalan sejarah  masih dapat kita jumpai,  Benteng Vansteburg Surakarta, Benteng Van de Bosch Ngawi, Benteng Fort Malborough Bengkulu, Benteng Portugis Jepara, Benteng Belgica Maluku, benteng Pendem Cilacap, Benteng Fort De Cock Bukit Tinggi, dan salah satunya adalah benteng Fort Rotterdam Makasar.

benteng-fort-rotterdam-sejarah-peninggalan-kerajaan-goa



Bangunan benteng setelah pendudukan Belanda ini, hampir semua bangunan dirubah dengan dominasi Arsitektur bergaya Portugis,  hanya bagian tembok saja  menyisakan peninggalan raja Gowa susunan bangunan perpaduan batu cadas Maros dan tanah liat kering, tampak tembok terlihat kokoh dengan ketebalan hampir 2 meter dan tinggi mencapai 5 meter, beserta gerbang utama
loading...

Bangunan tua yang merupakan Urban Artefact kota Makasar ini terlihat masih sangat terawat loh travel bug, bagi wisatawan diwajibkan mengisi buku tamu di pos penjagaan, jika membutuhkan informasi lengkap mengenai sejarah benteng Fort Rotterdam, banyak pemandu wisata menawarkan jasa pandu untuk  menjelaskan secara singkat tiap sudut bilik di area Benteng Fort Rotterdam.


Dalam lokasi benteng juga terdapat Museum  La Galigo  dapat kita kunjungi untuk mengenal sejarah makasar lebih dalam, dan ruangan tempat pengasingan Pangeran Diponegoro, Benteng  sekarang di fungsikan sebagai kantor dan juga pusat Budaya Makasar tidak memberikan kesan angker dan menakutkan, sekian  dulu perjalanan di kota Daeng, nantinya saya akan ceritakan pengalaman menarik  lainya, pantengin terus blog papa hiu.

loading...
loading...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas