Langsung ke konten utama

Benteng Fort Rotterdam Sejarah Peninggalan Kerajaan Goa

Benteng Fort Rotterdam adalah benteng bersejarah Peninggalan Kerajaan Goa  merupakan peninggalan Raja Goa X, Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau Karaeng Tunipalanga. 

Wisata sejarah memang sangat menarik wanderlust, kita jadi lebih banyak  belajar mengenai banyak hal, pada perjalanan saya kali ini di kota Makassar  mengunjungi tempat bersejarah. 

Benteng tahun 1545 ini nampak masih berdiri kokoh, dulunya bernama Benteng Panyua atu Benteng Ujungpandang, setelah tahun 1667 Benteng direbut Belanda dan berganti nama Fort Rotterdam. 

Benteng berada di pusat kota Makasar dekat pantai Losari sangat mudah untuk di jangkau bagi wisatawan, dan kebetulan  menginap di salah satu hotel  dekat  dengan Pantai Losari.

Indonesia terdapat beberapa bangunan benteng peninggalan sejarah  masih dapat kita jumpai,  Benteng Vansteburg Surakarta, Benteng Van de Bosch Ngawi, Benteng Fort Malborough Bengkulu, Benteng Portugis Jepara, Benteng Belgica Maluku, benteng Pendem Cilacap, Benteng Fort De Cock Bukit Tinggi, dan salah satunya adalah benteng Fort Rotterdam Makasar.

benteng-fort-rotterdam-sejarah-peninggalan-kerajaan-goa
fort rotterdam

Bangunan benteng setelah pendudukan Belanda ini, hampir semua bangunan dirubah dengan dominasi Arsitektur bergaya Portugis,  hanya bagian tembok saja  menyisakan peninggalan raja Gowa susunan bangunan perpaduan batu cadas Maros dan tanah liat kering, tampak tembok terlihat kokoh dengan ketebalan hampir 2 meter dan tinggi mencapai 5 meter, beserta gerbang utama
loading...

Bangunan tua yang merupakan Urban Artefact kota Makasar ini terlihat masih sangat terawat loh travel bug, bagi wisatawan diwajibkan mengisi buku tamu di pos penjagaan, jika membutuhkan informasi lengkap mengenai sejarah benteng Fort Rotterdam, banyak pemandu wisata menawarkan jasa pandu untuk  menjelaskan secara singkat tiap sudut bilik di area Benteng Fort Rotterdam.


Dalam lokasi benteng juga terdapat Museum  La Galigo  dapat kita kunjungi untuk mengenal sejarah makasar lebih dalam, dan ruangan tempat pengasingan Pangeran Diponegoro, Benteng  sekarang di fungsikan sebagai kantor dan juga pusat Budaya Makasar tidak memberikan kesan angker dan menakutkan, sekian  dulu perjalanan di kota Daeng, nantinya saya akan ceritakan pengalaman menarik  lainya, pantengin terus blog papa hiu.

loading...
loading...

Komentar