Langsung ke konten utama

Pantai Bambarano Perawan di Ujung Muara Danau Talaga

Pantai Bambarano merupakan salah satu pantai pasir putih  yang cukup indah, keindahan pantai bambarano tidak  diragukan lagi,  pantai mempesona di ujung muara danau talaga ini berada  di Desa Sabang,  Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan durasi tempu, kurang lebih 145 km sebelah barat kota Palu, melewati jalur  darat  menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat,   keunikan Pantai Bambarano sangat berbeda  dengan pantai-pantai lain di Sulawesi Tengah, menjadikan pantai berpasir putih ini paling  diburu wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Pasir putih menghiasi sepanjang garis pantai bambarano beach, menjadi daya tarik pemikat pantai di muara Danau Talaga ini,  tebing karang  menjulang tinggi,  memberikan sentuhan khas pesisir pantai Bambarano .

pantai-bambarano-perawan-di-ujung-muara-danau-talaga
Hamparan Pasir Putih Menghiasi Pantai Bambarano

Kita tidak bisa menolak bahwa Indonesia memiliki kekayaan pariwisata tak berujung. bahkan, eksotisme pariwisata alam di Indonesia sangat tersohor  di negara-negara asing. salah satu tujuan yang menarik perhatian wisatawan adalah penyebaran pantai pasir putih nan indah di seluruh nusantara.

pantai-bambarano-perawan-di-ujung-muara-danau-talaga
Pemandangan Indah di Pantai Bambarano

Lihatlah gunung mengelilingi penampilan biru nya laut, dari atas tebing-tebing karang pantai bambarano, langit jingga lembayung senja bersama lagu nona pasir putih saat paling bikin kamu terhanyut lebih dalam. Banyak hal dapat Anda lakukan di pantai ini, dari menikmati pemandangan, berenang, sampai dengan memancing ikan, dapat anda lakukan .

Tidak mengherankan jika liburan akhir pekan, pantai dengan landscape  indah ini  akan banyak di kunjungi oleh wisatawan, sekeliling pantai yang nampak mempesona ini, menjadi objek menarik wisatawan untuk berswaphoto, pemandangan indahnya seolah,  hadir untuk memanjahkan  siapa saja yang menghampirinya.

pantai-bambarano-perawan-di-ujung-muara-danau-talaga
Bentang Alam Pesisir Pantai Bambarano Nampak Indah

Jika ingin merasakan suasana kemping di tepian pantai, sembari menikmati ombak di malam hari, dalam keheningan malam, bersama secangkir kopi bintang khas Palu. Pantai bambarano beach pilihan tepat buat Anda,  menjadi tempat paling sunyi dan hening, hanya bersiul pasir dan ombak menderu di malam  panjang, menemani.

Sembari menunggu fajar pagi  indah di tepian pantai berpasir putih,  menjelang matahari terbit, rasakan  sejenak sentuhan butiran pasir putih, di sela kehangatan air laut yang jernih,  sekali menyelam membenamkan diri, di sinilah surga mutiara di katulistiwa sesungguhnya bersembunyi !. 

Diantara sela-sela tebing karang, terdapat house reef, yang dihuni  ikan - ikan  unyu warna warni,  bagi  pencinta kegiatan snorkeling ini akan menjadi pilihan yang paling  menghibur dan menyenangkan yang sayang untung dilewati.



Sambil menunggu para nelayan pulang melaut, membawa tangkapan, untuk dijual  kepada pengunjung Pantai Bambarano, cukup siapkan perapian kecil dari cabang kayu di sekitar lokasi wisata pantai pasir putih ini, yang juga banyak ditumbuhi pepohonan bakau, jadi tidak terlalu sulit mencari sisa ranting kayu untuk membuat perapian, sambil menunggu ikan bakar sederhana masak, manjahkan mata dengan menikmati suasana pemandangan yang indah  bambarano, bersama angin sepoi-sepoi pantai nyiur melambai.


Diakhir perjalanan setelah puas  menikmati semua keindahan bambarano, sempatkan diri untuk mampir di tepian danau talaga.

Air Danau Talaga Atau danau Dampelas  mengalir menuju Pantai Bambarano. Itulah sebabnya masyarakat setempat memanggilnya muara danau (Bamba Hano). Hal ini juga yang menyebabkan ekosistem danau ini memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan danau lain. 

pantai-bambarano-perawan-di-ujung-muara-danau-talaga
Bambarano Surga Wisata Bahari Sulawesi Tengah


Setiap tahun  di laksanakan festival Danau Dampelas, sebagai kegiatan wisata budaya. dan berbagai cerita mitos yang masih diyakini sampai dengan  sekarang oleh masyarakat setempat. banyak pengunjung akan mampir untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pulang.

.


loading...

Komentar