Langsung ke konten utama

Motif Batik Bomba Palu Gambarkan Spirit Gemar Berpergian

Batik Bomba merupakan salah satu kerajinan khas dari kota Palu dan merupakan salah satu Batik Indonesia, Batik Bomba motif  kembang/bunga besar menjadi ciri khas dari Batik Bomba.

Sejarah Batik sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia, Batik indonesia bukan sekedar corak atau motif  tidak mempunyai makna, ada sebuah simbol dan filosofi kehidupan Rakyat Indonesia terkandung di jenis Batik atau motif Batik,  menjadi intitas yang mewakili tiap Daerah.
 
Batik kini  telah di akui sebagai warisan Budaya Dunia  berasal dari Indonesia Versi UNESCO, sejak itulah 2 Oktober dijadikan  Hari Batik Nasional sebagai bentuk Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia yang sempat diklaim oleh Negara lain.

Bicara soal history of Batik indonesia  kita memiliki tanggung jawab  untuk ikut memperkenalkan Batik Indonesia dengan rasa bangga sebagai Warisan Kebudayaan Bangsa Indonesia. 
motif-batik-bomba-palu-gambarkan-spirit-gemar-berpergian
Palu Fashion Figur, Batik Bomba Palu

loading...
kain warna kuning, merah, orange, Hijau terang sering digunakan dan juga menjadi ciri khas Batik Bomba 

Makna dari batik bomba sendiri banyak dipengaruhi oleh karakteristik masyarakat dan budaya setempat, motif nya  ceria mewakili sebuah intitas  menggambarkan keterbukaan dan kebersamaan.

motif-batik-bomba-palu-gambarkan-spirit-gemar-berpergian
Batik Bomba "Palu Fashion Figur" 

Pada hari-hari besar di Palu,  Batik Bombana menjadi pakaian wajib yang harus digunakan, ini adalah sebagai bentuk pelestarian terhadap budaya Batik khususnya Batik Bomba sebagai intitas asli kota Palu. Pada hari khusus seperti  kamis seluruh pegawai Negeri Sipil  Kota Palu diwajibkan mengenakan  Batik Bomba. 
Sejarah Batik dan Tenun Bomba di Palu sudah ada cukup  lama, dulunya proses pembuatan Batik Bomba dari  kain tenun dan dibuat   secara manual dengan menggunakan alat tradisional  terbuat dari kayu, kemudian di batik dengan menggunakan warna dari bahan-bahan alami.
Buat Traveler yang kebetulan berlibur ke Palu dan ingin membawa pulang Batik khas Palu sebagai hadiah buat keluarga atau koleksi pribadi,   Batik Bomba adalah pilihan  tepat, warna-warna  cerah Batik Bomba menggambarkan spirit gemar bepergian  bikin kamu hits dan nga gitu-gitu aja.
Pusat pengrajin Batik Bomba di Palu saat ini tinggal belasan orang, dan salah satunya,  yang berada dijalan Lekatu kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga milik Adin Dg Situa, 
Cinta Produk Buatan Dalam Negeri ! kalo bukan kita siapa lagi yang mencintai dan melestarikan warisan  budaya kita, Selamat Hari Batik Nasional.  


loading...
loading...

Komentar