Skip to main content

12 Tempat Wisata Di Sulawesi Tengah, Dari zaman Megalitikum Hingga Pulau Berpantai Eksotis

Pesona Keindahan Padang 1000 Megalit merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Sulawesi Tengah , tetapi Anda perlu tahu ada banyak tempat wisata di Sulawesi Tengah dengan keindahan alam masih terawat dengan baik dan begitu menakjubkan.

Penasaran mau kenalan sama  ke 12 tempat wisata di Sulawesi Tengah tersebut, let's go kita telusuri semua tempat wisata  di Sulawesi Tengah apa saja  dapat menarik Anda dan bisa bikin kamu kepincut.

Pulau Sambori 

pulau sambori
Pulau Sambori


Seperti halnya pulau eksotik Raja Ampat, semua orang akan dibuat takjub dengan pemandangan alam eksotik pulau Sambori, Kabupaten Morowali,Provinsi Sulawesi Tengah.

Pulau Sambori  adalah salah satu pulau tersembunyi di Sulawesi Tengah, mirip dengan Raja Ampat. Lautnya yang biru dihiasi bongkahan karang menjulang yang menyerupai pulau-pulau kecil. Lokasinya yang eksotis menjadi pintu gerbang tempat wisata di Sulawesi Tengah.

loading...

Pulau ini masih jarang dikunjungi wisatawan,  dan begitu terjaga kelestarian nya,  untuk itu diharapkan tetap menjaga kebersihan pulau saat hendak berlibur kepulauan Sambori.


Wisatawan asing dan domestik dapat mencapai pulau ini dengan penerbangan domestik ke Bandara Maleo, Morowali dan dilanjutkan dengan kendaraan pribadi atau umum menuju Bungku ibu kota Kabupaten Morowali.


Sekitar setengah jam perjalanan dan dilanjutkan dengan menggunakan kapal cepat speedboad  sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan laut menuju Pulau Sambori tepatnya  berada di Desa Matarape, Kecamatan Menui  Kepulauan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. 


Selama di sambori kita dapat mengunjung beberapa tempat seperti, Gua Allo, Rumah Nenek, Gua Berlian , Pul;au Labengki,Danau Mahumalang, Pantai Pasir Panjang, Pulau Mbokita, Sambori hill, Kimamboe Hill dan Pulau sambori.

Pantai Seget Sojol

kecamatan sojol utara
Pulau-pulau kecil nampak menghiasi pantai sojol terlihat dari ketinggian

Selain itu, destinasi wisata di Sulawesi Tengah ini,  Berada jauh dan tersembunyi pantai seget Sojol, masih sangat jarang di kunjungi wisatawan, terdapat cerita misterius di balik keindahan pantai sojol nan menakjubkan..  
Batu Sojol sangat diyakini memiliki kekuatan, Magical Sojol, dapat mengubah siapa pun  memegang batu Sojol memiliki kekuatan seperti Hulk, Curious Right! Dalam cerita kali ini di balik misteri keindahan pantai Seget Sojol. 

Ini salah satu potensi pariwisata Sulawesi Tengah, dan kelestarian nya tetap terjaga. Sekitar 6 jam perjalanan darat dari kota Palu, Anda akan sampai di Pantai Sojol di desa Pesik, kecamatan Sojol utara Kabupaten Donggala.

Puncak Mantantimali



matantimali
Pemandangan Puncak Mantantimali

Selain pantainya yang indah, Sulawesi Tengah memiliki puncak-puncak yang mempesona dan menjadi tujuan wisata utama di Sulawesi, patut kamu datangi, salah satunya  Puncak Matantimali, puncak dengan ketinggian  sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut , berada sekitar 2 kilometer dari desa Wayu, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Jalan ke matantimali di tempuh sekitar 30 kilometer arah selatan kota Palu ini kita dapat melihat langsung pemandangan kota palu dari ketinggian. Puncak Matantimari juga merupakan salah satu puncak terbaik untuk kegiatan paralayang..

Jika kamu ingin mencoba sensasi terbang di ketingian  sambil melihat pemandangan kota palu, dapat menghubungi  maleo paralayang palu, merekalah  menawarkan basic tandem paralayang seharga kurang lebih Rp.300.00.- sekali terbang dengan durasi sekitar 15 menit. selain itu camping matantimali  juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati gemerlap pemandangan kota Paul di malam hari dari puncak Matantimari, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

gambar air terjun saluopa
Air Terjun Saulopa 


Air terjun Saulopa tentena  merupakan objek wisata unik di Sulawesi Tengah dan  merupakan  12 tempat wisata di sulawesi tengah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu datang ke sini. Air Terjun Saulopa merupakan tempat wisata di Sulawesi Tengah yang bisa mengejutkan Anda.

Soalnya  Air terjun 12 tingkat ini tidak berlumut dan licin, untuk mencapai tingkat ke 12 kita bisa menapak dari bebatuan  dialiri air  cukup deras, salah satu potensi andalan wisata Sulawesi Tengah ini berada di kabupaten Poso tepatnya di kecamatan Tentena, Desa Tonusu. 

 Selain Air Terjun Saulopa yang mempesona, objek wisata terdekat lainnya yang dapat dikunjungi sebagai bonus perjalanan adalah Pantai Siuri, dengan pasir keemasannya yang bersinar. bisa dijadikan tempat untuk bermalam dan beristirahat sejenak. 

Pulau Pasoso


Pulau Pasoso
Nampak karang di permukaan saat air laut surut di Pulau Pasoso

Sulawesi Tengah memiliki pulau-pulau indah yang salah satunya menjadi rumah bagi ratusan penyu yang dilindungi. Namanya Pulau Pasoso. Berada dalam daftar 12 tempat wisata di Sulawesi Tengah, keindahan alamnya begitu mempesona hingga Anda bisa melihat ratusan penyu saat senja. Penyu berenang bebas di laut. Air laut yang jernih di Kepulauan Pasoso.  ingin mencoba berenang bersama ratusan penyu langkah di Pulau Pasoso.

Pantai Bajugan Tolitoli

Pantai Bajugan Tolitoli
Batu-Batu Besar Menghiasi Sepanjang Bibir Pantai Bajugan

Terletak di utara Toli toli, Pantai Bajugan adalah rumah bagi keindahan alam yang mempesona dan pasir putih batu besar yang menghiasi pantai. Pantai Bajugan juga terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya.  Pantai Bajugan juga terkenal dengan  sunset pointnya begitu indah

Sepintas pantai ini terlihat seperti pantai di bangka belitung, namun merupakan salah satu daya tarik utama Sulawesi Tengah dengan keunikan tersendiri.

Pulo Dua 

tempat wisata di sulawesi tengah
Pulo Dua Balantak, Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah.@diazgathan #Cliksulteng
 
Berada di desa kampangar, pantai pulau dua, kini menjadi primadona tempat wisata di sulawesi tengah, mirip pulau padar, perbukitan di pulo duo ini  di tumbuhi rumput berwarna keemasan berlatar pantai nan  biru menjadikan pesona pulau dua luwuk banggai membius wisatawan untuk datang menghampiri.

Kepulauan Togean

tempat wisata di sulawesi tengah
Suasana Tenang di Kepulauan Togean 
Kepulauan Togean  menjadi salah satu andalan wisata bahari Sulawesi Tengah, berada di kabupaten Tojo Una-Una. Keindahan pulau Togean diantara  formasi hamparan tebing-tebing karang nampak menjulang tinggi, menghiasi laut togean, rumah berbagai  ragam jenis biota laut langkah di lindungi.

Kepulauan Togean termasuk didalam  beberapa pulau besar  di teluk tomini, selain walea, batudaka dan poat. keramahan penduduk lokal, keunikan suku bajo, bisa membuat anda ingin berlama-lama berlibur di pulau nan eksotis ini. dan merupakan andalan tempat wisata di Sulawesi Tengah

 

Danau Tambing Lore Lindu 


Danau Tambing
Danau Tambing

Danau Tambing atau biasa juga disebut telaga tambing, berada di kawasan hutan lindung Lore Lindu, udaranya begitu dingin berkabut tebal di waktu petang dan senja, menikmati suasana kemping bersama suara-suara kawanan burung menjadikan 
Danau tambing masuk kedalam tempat wisata di Sulawesi Tengah musti kamu datangi.  

Danau Tambing juga menjadi pusat pengamatan  burung endemik khas Sulawesi di lindungi. menjadikan danau tambing sebagai Ekowisata  Sulawesi Tengah.

Gua Tengkorak Kampung Pengoli

tempat wisata di sulawesi tengah
Peti jenazah berisikan tengkorak manusia
Gua di kampung Penggoli tepatnya berada di Pamona Timur Kabupaten Poso, ini merupakan salah satu gua tengkorak selain gua Pamona dan gua Latea yang merupakan cagar budaya Sulawesi Tengah dan merupakan tempat wisata terunik di sulawesi tengah.

Terdapat peti jenazah terbuat dari kayu dengan ukiran khusus berisikan tengkorak manusia mencapai berabad-abad tahun laman nya berada dikawasan kampung Penggoli Pamona Timur, jika kamu berani uji nyali dan suka petualangan extream ini dia pilihan  tepat buat kamu kunjungi. 

Pusat Laut Donggala

Pusat Laut Donggala
Pusat Laut Donggala

Terdapat sebuah sumur raksasa ajaib masuk dalam daftar wajib  tempat wisata  di Sulawesi Tengah untuk kamu tandangi. 

Berbentuk kurang lebih berdiameter 10 dan kedalaman kurang lebih 7 meter, dihiasi dengan ukiran dinding batu karang alami, Air asin di Pusat Laut ini konon diyakini masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit, penasaran mau mencoba segarnya air di pusat laut agar tubuh sehat dan kuat, mampir ke kota tua  di Sulawesi Tengah bernama Donggala.


Situs Megalitikum Lembah Napu 
Situs Megalitikum Pokekea
Situs Megalit Pokekea

Bukti peninggalan zaman prasejarah megalitikum  dapat kita jumpai lebih dari ratusan tersebar hampir di semua kawasan padang napu tepatnya berada di Lore, Kabupaten Poso, berjarak kurang lebih 157 Km dari kota Palu, ibu kota propinsi Sulawesi Tengah. 

Peninggalan berupa patung, arca, dan Kalamba berukuran besar dapat kita jumpai sebagai akhir dari perjalan panjang  bersama 12 tempat wisata di Sulawesi Tengah ini bisa jadi panduan perjalanan mu



loading...

Comments