Langsung ke konten utama

Kota Pelabuhan Tua Bandar Dagang Terbesar Sulawesi

Sejarah kota pelabuhan tua Donggala, kamu  bisa belajar banyak hal tentang sejarah, ditengah arus modernisasi saat ini. Donggala merupakan sebuah  kota pelabuhan di indonesia berada tepatnya di salah satu Kabupaten di Propinsi Sulawesi Tengah, juga dikenal dengan  sebutan Kota Pelabuhan.

donggala-kota-pelabuhan-tua-bandar-dagang-terbesar-sulawesi
Gedung Kopra Tua , Peninggalan Kolonial Belanda

Terik matahari siang ini sedikit terasa menyengat di kulit,  bersama bau khas lautan, sambil berdiri menatap puing-puing bangunan  nampak roboh akibat di terjang tsunami 28 September 2018.

loading...

Mataku nampak terfokus pada sebuah bangunan di kota tua ini, sejarah panjang kejayaan  kota  tua dimana dulunya bernama  Banawa dan  menjadi Sejarah pelabuhan tua di Sulawesi Tengah

.  
donggala-kota-pelabuhan-tua-bandar-dagang-terbesar-sulawesi
Gedung Kopra Peninggalan Belanda Di Kota Pelabuhan

Kenapa Donggala bisa begitu identik dengan kata Pelabuhan? menjadi  sejarah kota Pelabuhan Tua yang begitu sangat tersohor,  sebagai 
kota pelabuhan  cukup maju saat itu sebagai bandar dagang terbesar di Sulawesi  atau Celebes dalam penyebutan bahasa Inggris. 
donggala-kota-pelabuhan-tua-bandar-dagang-terbesar-sulawesi
Donggala merupakan ibu kota dari Kerajaan Banawa   amat makmur di sektor perdagangan, letak nya cukup strategis ditengah  jalur niaga Selat Makassar memudahkan akses dari utara membuat banyak orang-orang datang untuk berniaga saat itu,  mulai dari pedagang Nusantara sampai kaum saudagar Asing dari bermacam bangsa, Gujarat, Cina bahkan Eropa. 
donggala-kota-pelabuhan-tua-bandar-dagang-terbesar-sulawesi
Kota Pelabuhan Donggala Setelah Tsunami

Sastrawan terkenal Indonesia seperti Pramoedya Ananta Toer dalam buku "Tetralogi Pulau Buruh" serta "Tenggelam nya Kapal Van der Wick" milik Budayawan Indonesia  Buya Hamka pun menuliskan Pelabuhan Donggala  sebagai tempat persinggahan para pelaut Nusantara dan Mancanegara saat itu.
Sepenggal cerita mengenai sejarah kota  pelabuhan tua , tentunya masih akan bikin kamu penasaran.
donggala-kota-pelabuhan-tua-bandar-dagang-terbesar-sulawesia
Bangunan Bersejarah di Kota Pelabuhan Donggala

Sebelum terjadi tsunami,  kita dapat melihat beberapa  bangunan bersejarah  ada di kota pelabuhan tua ini salah satunya gudang tua Penyimpanan Barang pada Saat pendudukan Belanda di Sulawesi Tengah namun bangunan tersebut rusak akibat Gempa Tsunami.
donggala-kota-pelabuhan-tua-bandar-dagang-terbesar-sulawesia
Bangunan Bergaya Kolonial di Kota Pelabuhan Donggala
Keindahan alam Donggala  juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dulunya Donggala merupakan salah satu kota penghasil Kayu Cendana terbaik paling di buruh dan  sangat diminati oleh bangsa Eropa, di balik itu ada Tanjung karang dengan pantai pasir putih mempesona dan taman bawah  laut nya nan indah, rumah beraneka ragam biota laut  menabjukan hidup dan berkembang biak di Taman laut Tanjung karang,  bisa bikin kamu terbius untuk betah berlama-lama.

Di akhir perjalanan Jangan lupa untuk mampir  mencicipi Kuliner khas  sangat melegenda bernama Kaledo,   sejenis sop tulang dengan cita rasa asin dan  pedas,  serta membeli beberapa ole-ole  khas untuk kamu bawa pulang berupa  kain tenun  Donggala.



loading...

Komentar