Langsung ke konten utama

Wisata Kuliner Legendaris 6 Makanan Khas Palu Paling Di Buru

Kurang lengkap rasanya liburan ke Palu jika tidak mencicipi  makanan khas  Palu yang menggugah selerah,  beserta kelezatan yang selalu menggoda selera dan bikin kamu menelan ludah dengan hanya melihat gambarnya. 

Tujuan berwisata ke suatu daerah, selain untuk menikmati pemandangan alamnya, makanan makanan   khas suatau daerah  tentunya menjadi misi khusus,  untuk memanjakan lidah. 


Teluk  dengan keindahan pantai nan memukau, membentang  gunung dan perbukitan , menjadikan alam  lima dimensi yang terdiri dari Laut, Teluk, Lembah, Gunung dan Sungai  nampak  mempesona di pandang mata, namun dibalik semua nya, tentunya luangkan waktu untuk 
mencicipi narasa nya makanan khas palu,  yang melegenda dan sampai saat ini masih  diburu  wisatawan .

loading...
1. Kaledo 
wisata-kuliner-legendaris-6-makanan-khas-palu-paling-di-buru

Image by Kaledo Stereo Jalan yosudarso

Kaledo berada di urutan pertama daftar makanan khas palu,  berbahan dasar tulang sumsum sapi, di campur kan dengan bahan-bahan cukup sederhana terdiri dari asam jawa mentah, garam, cabai segar  dan taburan bawa goreng.

Warisan kuliner unik ini memiliki cerita panjang  berasal dari sebuah kota tua bernama Donggala, asal Makanan Khas Palu  ini berasal menjadikan Kaledo, paling diburu wisatwan yang datang ber wisata  dan khususnya para penikmat makanan makanan lezat. 

Walaupun bahan - bahan dasar nya terlihat  cukup sederhana, namun Makanan Khas Palu satu ini sangat lezat, tak cukup satu porsi untuk menikmati Kaledo .

Biasanya Kaledo disajikan bersama ubi rebus dan jagung manis, serta taburan bawang goreng, namun saat ini  burasa lebih terasa pas disantap bersama Kaledo  sebagai pengganti nasi memberi sentuhan khas di lidah.

Sensasi menikmati sumsum Kaledo  bersama kuah asam pedas sangat mengetarkan lidah, wajar saja jika warung Kaledo   selalu ramai pengunjung bahkan bahkan wisatawan sampai  harus rela antri hanya untuk menikmati sedapnya Makanan Khas Palu  satu ini bahkan sampai memesan untuk dibungkus sebagai oleh oleh khas palu. 

2. Uvempoi 

wisata-kuliner-legendaris-6-makanan-khas-palu-paling-di-buru
Image by Warung Uvempoi Lina jl. Anoa 1 No.111

Serupa tapi tak sama seperti kaledo ,  uvempoi masuk  Makanan Khas Palu  ini mesti kamu coba, Makanan Khas Palu  terbuat dari  tulang rusuk sapi, lagi-lagi berbahan dasar daging sapi, terlihat seperti sop tulang, namun uvempoi  juga memiliki citarasa tersendiri  di dominasi   pedas dan asam mentah khas. 

Uvempoi menjadi wajib  dan biasanya disajikan pada hari-hari besar,  rasanya segar  membuat siapa saja pasti dibuat ketagihan , untuk membuat uvempoi lezat dan enak biasanya menggunakan resep  dan pengolahan khusus.
 
Setelah daging di masukan kedalam wajan dan tungku memakai perapian  masih tradisional  menggunakan  kayu bakar membuat taste dan aroma serta  daging   pun semakin empuk  dan lembut di lidah sehingga banyak wisatawan  khususnya para pencinta makanan khas  Palu, memasukkan uvempoi dalam  bucket list wisata kuliner  yang bakal kamu cicipi setelah kamu tiba dan dijamin  pastinya kamu bakal mengepak sebagai oleh oleh khas palu yang bakal dibawa pulang.

3. Ayam Bakar Biromaru

wisata-kuliner-legendaris-6-makanan-khas-palu-paling-di-buru
Image by Asli ayam kampung RM Madamba 
Ayam bakar Biromaru cukup melegenda, belum lengkap kunjungan anda jika belum mencicipi kelezatan ayam bakar Biromaru, sebagai Makanan Khas Palu paling dinanti dan memang paling banyak dicari wisatawan.

Keunikan ayam bakar Biromaru terletak pada proses pengerjaan nya, menggunakan ayam kampung dan di sembelih saat pesanan diterima, dan proses pembuatan nya pun cukup panjang  setelah melalui proses perendaman dalam  santan  kelapa yang sudah dicampur  bumbu-bumbu khas. 

Ayam bakar Biromaru dipanggang diatas perapian menggunakan batok kelapa agar mendapatkan citarasa dan aroma khusus, bumbu-bumbu semakin meresap  baik dan \ matang lebih sempurna, tiba waktunya untuk menyantap ayam bakar Biromaru paling serasi  makanan ini di sanding bersama  ayam utadada. 

Uniknya ayam bakar biromaru hanya buka di hari-hari tertentu menyesuaikan hari pasar Biromaru dibuka menjelang sore hingga larut malam. tidak jarang banyak wisatawan dititip untuk membawa pulang Ayam bakar biromaru sebagai oleh oleh khas palu paling nikmat.

4. Utadada 

wisata-kuliner-legendaris-6-makanan-khas-palu-paling-di-buru
Dijamin enak (narasa, naposa, nalala) jln beringin nunu

Makanan Khas Palu berikutnya ini  dari olahan ayam kampung, dimasak menyerupai opor, namun kuah nya sedikit lebih pedas dan biasanya di makanan lezat ini di santap bersama ketupat menjadi pilihan wisata kuliner  patut untuk di coba, rasanya sedikit lebih pedas dibanding opor dan pastinya cara pengolahan dan rempah yang digunakan pun juga punya keunikan tersendiri, jika penasaran silahkan coba mencicip makanan khas palu   ini, dijamin bikin kamu ketagihan.

5. Uta Kelo

wisata-kuliner-legendaris-6-makanan-khas-palu-paling-di-buru
Image by
 Kedai Beli ESku.Labuan, Sulawesi Tengah
Makanan khas palu berbahan dasar kelor dan di yakini bisa membuat anda tidak dapat meninggalkan Palu, entah dari mana cerita ini ada, pastinya ketika mencicipi kuliner  ini. 

Sugesti tersendiri  mengalir kedalam benak anda hingga  mengantar anda kembali  lagi.  penasaran silahkan buktikan,  olahan daun kelor dimasak bersama santan  kental kelapa tua bersama bumbu  sederhana terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih dan garam.  

Biasanya disajikan bersama nasi jagung, penja sejenis teri medan  & palumara sungguh lezat dan bernilai gizi tinggi, menjadi salah  makanan khas  yang bakal melengkapi wisata kuliner . Itulah tadi wisata kuliner  cukup melegenda dan harus  anda coba saat liburan ke bumi Tadulako.

6.Tabaro Dange

Sebagai pelengkap wisata kuliner Palu di akhir perjalanan tidak ada salahnya jika anda mencoba santapan ringan berbahan dasar sagu dan kelapa . 

Tabaro dange atau dange memiliki keunikan sangat sederhana meski Tabaro dange nampak sederhana namun kuliner  ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan,  mengganti  makanan pokok , Tabaro dange menjadi alternatif lain pengganti makanan pokok Nasi.

Sarat nilai gizi,  Tabaro dange biasanya di isi dengan lauk dimasak sedikit terasa pedas serta  gurih selain itu tabaro dange juga biasanya disantap bersama kuah Palumara dengan bawang goreng, kedengaran nya sedikit aneh bagi anda jika belum pernah mencicipi kuliner khas ini.

Namun di sinilah letak keunikan Tabaro Dange  dan semakin terasa nikmat jika di lahap saat masih hangat, karena biasanya dalam keadaan  dingin sagu terasa keras dan sulit untuk di kunyah. 

Hal ini pula  membuat banyak wisatawan langsung menikmati Tabaro Dange langsung di tempat olahan kuliner  unik ini,  Jika kurang suka dengan sensasi pedas Tabaro Dange  pilihan manis dengan taburan gula merah bisa menjadi pilihan  pas.

loading...
loading...

Komentar