Langsung ke konten utama

Makanan Terbuat Dari Sagu, Papeda Punya Ragam Sebutan

Papeda  terbuat dari sagu  merupakan makanan pengganti nasi, punya ragam penyebutan di beberapa daerah  di Indonesia,  padahal memakai bahan utama dan pengolahan serta cita rasa yang sama.

Papeda bertekstur kenyal-kenyal berbentuk bulat menggunakan  campuran ikan kuah kuning  beserta sayuran seperti bayam dan kangkung, memiliki citarasa pedas dan asam serta kaya manfaat bagi kesehatan .

keunikan makanan papeda
Photo By bogel9970 From Instagram


loading...


Olahan sagu tradisional ini Cara pembuatanya pun terbilang cukup simple dan mudah, namun  mendapatkan papeda enak membutuhkan kesabaran serta komposisi dan takaran agar pas.

 

Resep papeda kuah kuning dimana komposisi campuran air pun harus  diperhatikan  agar menghasilkan kekenyalan sesuai tidak terlalu keras dan juga terlalu encer. sagu biasanya diaduk di dalam belanga dengan teknik di bolak balik sampai sagu benar masak sempurna sehingga menghasilkan Papeda lezat, langkah selanjutnya membuat bulatan bulatan kecil mengunakan sumpit, pakai kedua tangan  gerakan searah,  diputar-putar cepat sampai membentuk bulatan-bulatan kecil, lalu dilepaskan kedalam campuran lauk kuah kuning .

"kenapa saya menjelasakan secara rinci steb by steb  proses pembuatan Papeda, Dui, Kapurung, onyop, atau Mbiko, soalnya saya sering melihat pengolahan Papeda, nah itu dia, bikin saya paham betul prosesnya. 

Papeda, Dui, Kapurung, onyop, atau Mbiko,biasanya di sajikan pada acara-acara keluarga di akhir pekan ataupun sebagai makanan utama,   menikmatinya  pun cukup unik cukup diseruput dari sendok lalu di telan bersama kuah dan campuran sayuran, siapapun  pertama kali menikmati papeda, mungkin harus terbiasa karena tingkat kesulitan dalam  menggunakan teknik seruput sambil menelan, namun inilah teknik terbaik untuk menikmati  papeda,  bersama ragam penyebutan , selain itu sagu juga bisa menjadi  alternatif  penganti  makanan pokok walaupun  memang menjadi wajib untuk sebagian masyarakat Indonesia sejak lama dan turun temurun  mengkonsumsi nya sebagai makanan wajib, membuat kita tidak pernah bisa luput dari mengkonsumsi sumber karbohidrad cukup tinggi ini, bahkan pakar kesehatan mensinyalir nasi sebagai sumber utama dari penyakit diabetes. padahal selain itu kita juga masih punya alternatif pengganti  yang rendah kandungan karbohidrad, sebut saja papeda, menjadi salah satu  penganti makanan pokok untuk beberapa daerah di Indonesia  yang juga merupakan makanan wajib, seperti masyarakat Papua dan Maluku, serta  hampir sebagian besar wilayah Indonesia di bagian timur, mulai dari Maluku, Papua,  Nusa Tenggara bahkan Sulawesi  papeda  menjadi makanan pokok . 

loading...
loading...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas