Langsung ke konten utama

Ubur Ubur Tidak Menyengat Danau Mariona

Sensasi bermain di danau ubur-ubur, membuat getar getir, ini pengalaman pertama saya snorkeling di danau mariona dengan jutaan ubur-ubur yang tidak menyengat. di danau ubur-ubur  Mariona yang dinamai turis asing dari Prancis. mariona. Bazin.

loading...

ubur-ubur-tidak-menyengat-danau-mariona
 Danau Mariona Togean Bermain  Bersama Ubur- Ubur  Tidak Menyengat
 

Selama ini kita tahu bahwa invertebrata laut ini memiliki sengatan yang menyebabkan orang yang tersengat mengalami rasa sakit yang luar biasa, termasuk pengalaman yang pernah saya rasakan.

Sengatan ubur ubur api, rasanya kulit terasa perih, sakit sekali, saya malah demam tinggi, untungnya pas digigit ubur-ubur saya menyiramkan cairan cuka dapur untuk menghilangkan tentakel ubur ubur api dari kulit, langkah ini untuk mencegah agar tentakel tidak  menyebar. 

ubur-ubur-tidak-menyengat-danau-mariona
Snorkeling Di Danau Mariona Togean

Pengalaman pernah tersengat ubur ubur api, kali ini saya pun akan mencoba peruntungan ke dalam danau Marino Kepulauan togean  yang di huni oleh habitat ubur ubur tidak menyengat "Stingless Jellyfish", awalnya  sedikit ragu, untuk nyemplung, karena pengalaman tersengat  ubur ubur,,em, namun  rasa penasaran  mengalahkan rasa sengatan ubur ubur yang pernah saya rasakan.

ubur-ubur-tidak-menyengat-danau-mariona
Stingless Jellyfish, Layaknya Ubur Ubur  Pada Umumnya 

Air di danau ubur ubur mariona terlihat berwarna hijau blutuk,  efek dari liburan saya di bulan Desember memasuki musim penghujan,  jadi air terlihat sangat keruh.

Namun saya masih bisa mengamati  habitat di danau ubur ubur tidak menyengat mariona dengan menggunakan peralatan snorkeling, terlihat ubur ubur berenang menggunakan tentakel  seperti  gelembung-gelembung air.  

Ubur ubur tidak menyengat  danau mariona berenang renang dengan riangnya, seolah menyambut kehadiran kami di danau Mariona, seperti jelly melayang-layang didalam air, kenyal dan lentur.

ubur-ubur-tidak-menyengat-danau-mariona
Bermain Bersama  Ubur Ubur Tidak Menyengat, di Danau Mariona, Togean

Di antara pulau-pulau di Kepulauan Togian, bagian dari Taman Laut Nasional Teluk Tomini menyembunyikan keindahan banyak wisata bawah laut dan telah menjadi surga menyelam Indonesia yang eksotis dan murni.

 Ubur-ubur di Indonesia yang tidak menyengat. Juga dapat ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, antara lain Danau Kakaban, Kalimantan Timur, Derawan, Misool dan Palau.

Sempat terlintas dipikran saya mengapa ubur ubur disini jadi tidak menyengat padahal kita tau bahwa semua hewan mempunyai cara sendiri untuk bertahan hidup dari ancaman, seperti ular dengan bisanya, burung elang dengan cakarnya bahkan semut pun dengan gigitanya, dan ternyata dengan  terperangkap air di danau mariona dan  tidak bercampur oleh air dilautan dan berlangsung cukup lama sehingga ubur ubur pun ikut berevolusi menghadapi ancaman.

ubur-ubur-tidak-menyengat-danau-mariona
Seperti jelly melayang-layang didalam air 




loading...

Komentar