Langsung ke konten utama

Kuskus Beruang Sulawesi, Primata Unyu Yang Mager

Mempunyai sifat pemalu  dan 'mager' alias malas gerak, membuat Kuskus Beruang Sulawesi menjadikan primata imut yang lucu, Kuskus, endemik asli dari  sulawesi ini, memiliki ciri-ciri khusus, mata bulat, bertelinga  kecil, dengan bentuk ekor Perihensil berfungsi untuk bergelantungan diranting dan dahan pohon.

loading...

loading...

Kuskus beruang merupakan Hewan sangat menggemaskan,  namun kuskus  beruang termasuk dalam hewan  sangat tangguh lihat saja    kuku-kuku kuskus  terlihat tajam dan kuat,  bisa  berfungsi sebagai alat mencengkeram dan biasanya dimanfaatkan kuskus untuk mencekram pada batang dan ranting  pohon. 


kuskus-beruang-sulawesi-primata-unyu-yang-terancam-punah
Kuskus beruang sulawesi, Kebun Binatang Mini Malino Highland, Sulawesi Selatan


Dengan bulu didominasi warna abu, dan cokelat, Kuskus beruang terlihat mirip sekali Beruang, hal ini pula membuat nama nya menggunakan padanan Beruang dan menjadi ciri ciri kuskus beruang Sulawesi.

Kuskus adalah hewan tipe mamalia berkantung Marsupialia dari famili Phalangeridae, dan kini terancam punah, Kuskus beruang atau juga biasa disebut Tarsius, hanya hidup di hutan primer Sulawesi. 

Dibalik ketaguhan cakar kuskus beruang,  populasi kuskus beruang Sulawesi terus berkurang dan terancam punah,    kuskus beruang banyak diburu masyarakat, tujuan para pemburu  untuk dijadikan hewan peliharaan, atau diperdagangkan, dimana harga kuskus  menjadi faktor perburuan primata unik   ini terus terjadi.

Perburuan kuskus  dilakukan terus menerus, sehingga mengancam ke berlangsungan  hidup Kuskus di Sulawesi, selain itu Deforestasi salah satu penyebab terbesar semakin berkurangnya populasi kuskus, dimana kita ketahui hutan primer di Sulawesi menjadi tempat berkembang biaknya Kuskus Beruang Sulawesi, dengan berlangsung pembalakan hutan terus-menerus dipastikan hidup hewan unik ini ikut terancam. 


Kuskus adalah spesies pemakan segalanya 'Omnivora', makanan kuskus beruang sulawesi adalah  serangga dan buah-buahan seperti pisang, pepaya, biasanya di alam liar kuskus lebih aktif di malam hari, inilah penyebab hewan Nokturnal seperti kuskus sangat mudah diburu, karena tidur dan beristirahat di waktu siang.
loading...
 
Jika kelak upaya untuk melestarikan hewan unik primata Sulawesi dengan populasi sangat  sedikit ini gagal, sudah pasti hewan mamalia ini akan punah, tentunya  hanya cerita saja dapat  kita bagikan  kepada anak cucu kita kelak, mereka punah bukan secara alami melainkan karena tidak bisa bertahan dari ketamakan manusia.


loading...

Komentar