Langsung ke konten utama

Tenses Bahasa Spanyol, Preterinto (Lampau)

Kali ini kita akan mengenal penggunaan tenses bahasa spanyol,  preterinto (lampau) dalam penggunaan kalimat bahasa Spanyol, apa itu preterinto ? preterinto adalah tindakan atau pekerjaan yang sudah dikerjakan/dilakukan pada waktu lampau, misalnya kamu mau bilang, saya belajar bahasa spanyol kemarin : yo estudie espanol ayer.

Gambar oleh Alex Phillc dari Pixabay 

saya belajar bahasa spanyol kemarin : yo estudie espanol ayer.

masih ingat di pembahasan sebelumnya kata kerja dalam bahasa Spanyol selalu berakhiran ar, er,ir  yang saya garis bawahi adalah kata kerja dari belajar, estudiar jadi yang berubah adalah  akhiran - ar menjadi  e pada pengunaan  preterinto  untuk kata ganti yo: saya, perhatikan tabel berikut pada penggunaan  bentuk kalimat preterito.

loading...

Bentuk Kalimat Akhiran -Ar Akhiran-Er Akhiran-Ir
Preterito e amos

aste asteis


o aron
i imos

iste isteis


io ieron


f           imos

iste       isteis


io          ieron
Kita akan coba untuk  mengkonjugasi kata kerja BAILAR : Menari,  yang suaka lagu Bailando Inreque Iqlesias,  Bailando adalah  konjugasi dari kata kerja  BAILIAR pada bentuk kalimat  Gerundio yang akhirnya menjadi menjadi BAILANDO.

pada tabel  dibawah Bailar mengalami perubahan pada pengunaan bentuk kalimat preterinto:

Preterinto
baile
bailaste
bailo
bailamos
bailasteis
bailaron



Bagaimana mudah bukan konjugasi dalam Bahasa Spanyol, yang musti kamu ingat selalu  adalah akhiran kata saja yang harus berubah menyesuaikan bentuk kalimat,  dan kata ganti pokok kalimatnya, biar orang Spanyol paham yang kamu bicarakan, next di artikel selanjutnya kita akan membahas  Compreterinto ( Lampau yang sedang berlangsung).  
loading...
loading...

Komentar