Langsung ke konten utama

Stalaktit Tersembunyi Nan Memukau Gua Di Gumbasalu

Informasi yang saya dapatkan ada beberapa gua di daerah ini, tetapi karena kurangnya penjelasan  yang kami peroleh mengenai  posisi tepat gua berada, akhirnya kami hanya dapat menemukan satu gua  saja di Gumbasalu.

Stalaktit indah dari Gua di Gumbasalu,  tepatnya berada di di Kecamatan Bambaira, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat. Untuk memasuki lokasi Gua di Gumbasalu dari arah Jalan Trans, ada papan petunjuk arah yang menjadi informasi yang pertama kali kita dapatkan.

Tetapi hal tersulit adalah menemukan letak gua yang berada di antara taman cokelat warga dan tidak ada lagi instruksi yang kami dapatkan Jadi mereka harus bertanya kepada beberapa warga setempat.


loading...
 
loading...
 
stalaktit-tersembunyi-nan-memukau-gua-di-gumbasalu
Stalaktit Indah Gua Gumbasalu


Sesuai dengan arah dan instruksi dari salah satu penduduk setempat yang tahu persis lokasi gua, kami juga mulai melacak instruksi melalui jejak antara taman-taman cokelat dan semak. 

Saya sarankan untuk memiliki kompas, hanya berhati-hatilah. Jika nanti akan tersesat di Taman Cokelat!, Karena daerah ini cukup luas dan jarang dikunjungi oleh wisatawan, membuat gua di gumbasalu tidak memiliki cukup akses yang akan dilewati, dan lokasi  mulut  gua yang tertutup semak akan sangat menyulitkan lokasi. Gua ini.


Setelah beberapa jam mencari posisi gua di  gumbasalu, akhirnya kita dapat menemukan pintu masuk kedalam gua.

Karena  gua di Gumbasalu  jarang dikunjungi oleh wisatawan, maka gua terlihat sangat terisolir dan  menyeramkan, jadi  muncul sedikit ketegangan menyelimuti pikiran ketika memasuki pintu gua.
stalaktit-tersembunyi-nan-memukau-gua-di-gumbasalu


Karena rasa ingin tahu dan penasaran dengan penampakan  dalam gua saya pun menyegerakan untuk masuk dulu, pertama kali masuk di dalam gua kita  akan disambut oleh  ratusan kelelawar penghuni gua yang berhamburan terbang, dan bergantungan di atap gua. 

Di sepanjang lorong lorong sempit  gua gumbasalu terasa oksigen semakin menipis, itu akan menambah  ketegangan, tetapi dalam Akhir penyusuran kami, terbayar dengan pandangan stalaktit gua  gumbasalu nan mempesona.


Bicara tentang gua di Gumbasalu, menjadi cerita dan pengalaman tersendiri  untuk saya, karena banyak hal dan cerita rintangan yang kami temukan sepanjang perjalanan kami, Mulai dari menyemangati yang lain yang sudah mulai putus, sampai menguji nyali di lorong gua yang gelap dan sempit.

loading...
loading...

Komentar

  1. Tabe kanda, ini gua gumbasalu tepatnya terltak dimana? keterangan desa, kecamatan, dan kabupatennya?

    BalasHapus
  2. Kasaloang, Bambaira Mamuju Utara, Sulbar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas