Langsung ke konten utama

Menjelajah Alam Purbakala Lembah di Pulau Sulawesi

Lembah Napu berada di ketinggian 1300 meter dari  atas permukaan laut memiliki bentang alam nan indah, padang savana menjadi ciri khas lembah di Pulau Sulawesi. Berudara dingin dengan tingkat curah hujan  cukup tinggi, dan menjadikan Lembah Napu  sebagai  salah satu lembah berkabut tebal di hutan tropis sulawesi.


Lembah Napu adalah sebuah Lembah, meliputi empat wilayah  Desa yaitu Sedoa, Wuasa, Wangga dan Watutau, kesemuanya masuk dalam wilayah Lore Utara dan Lore Poere, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. 



menjelajah-alam-purbakala-lembah-di-pulau-sulawesi
Lembah Napu

Keindahan Lembah - Lembah di pulau Sulawesi ini berada di  Kawasan Taman Nasional Lore lindu terdiri dari Lembah Napu,  Lembah Besoa,  Lembah Bada, Danau Lindu, dan Gimpu,  terbagi kedalam dua Wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

menjelajah-alam-purbakala-lembah-di-pulau-sulawesi
Napu, Lembah berkabut tebal 


Hampir semua situs - situs  Purbakala di Sulawesi Tengah terkonsentrasi dalam Wilayah Taman Nasional Lore Lindu yang berada di lembah napu, kita dapat menemukan peninggalan zaman megalit berupa Arca, Kalamba, Lumpang Batu, Menhir, Batu Dakon, Altar, Dolmen, Batu Gores, Palung Batu, kesemuanya tersebar berjumlah  ratusan, menjadi daya tarik paling unik Lembah di Pulau Sulawesi.

menjelajah-alam-purbakala-lembah-di-pulau-sulawesi
Pemandangan Hutan Pinus di Padang Napu


Selain itu  keindahan alam  lembah di wilayah Taman Nasional Lore Lindu ini juga merupakan kawasan konservasi lindung keanekaragaman hayati endemik sulawesi ini memiliki magnet tersendiri, hamparan padang savana dan hutan tropis  masih sangat terlindungi membuat  pemandangan nya begitu mempesona.

menjelajah-alam-purbakala-lembah-di-pulau-sulawesi
Padang Savan Lembah Napu

Belakangan ini lembah napu sering diberitakan menjadi sarang teroris, termasuk pada pengalaman saya beberapa tahun lalu saat melakukan perjalanan menuju Lembah 1000 megalit, Lembah Besoa merupakan salah satu lembah di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, paling banyak ditemukan benda peninggalan sejarah zaman megalit,

loading...
melewati beberapa kali pos-pos pengawasan di lembah napu, nampak dijaga ketat oleh aparat Kepolisian  dan Tentara pada operasi Tinombala, sebelum tiba di Lembah Besoa.

menjelajah-alam-purbakala-lembah-di-pulau-sulawesi
Situs Megalit Pokekea, Lembah Besoa


Jauh dari semua itu, keindahan lembah seribu megalit ini akan memicu decak kagum, pasalnya sepanjang perjalanan hamparan padang savana  menghiasi Lembah di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu ini  membuat kamu  berasa  di padang savana Afrika! walaupun hanya khayalan belaka, namun percaya tidak percaya padang savana cantik  di Lembah Napu ini memang mirip.


Hutan pinus juga merupakan salah satu kawasan paling banyak diburuh wisatwan sebagai lokasi kegiatan berkeping,  keindahan alam lembah di Pulau Sulawesi ini, terasa lengkap dengan adanya hutan Pinus Napu yang masih sangat alami sehingga  spot hutan pinus kian di gandrungi belakangan ini terkhusus kaum milenial.

Selain itu Lembah Napu  merupakan penghasil dan pemasok kebutuhan  sayur mayur  untuk beberapa wilayah di Sulawesi Tengah, sehingga kamu akan sering menjumpai bentangan perkebunan dan persawahan sepanjang perjalanan di Lembah Napu.

menjelajah-alam-purbakala-lembah-di-pulau-sulawesi
Danau Tambing


Setelah lelah menempuh perjalanan panjang dalam jelajah keindahan alam purbakala di lembah cantik pulau sulawesi ini kamu  dapat mampir beristirahat sejenak sambil rebahan gaya sleeping beauty di Danau Tambing,   masih berada dalam Kawasan Taman Nasional Lore Lindu,  dan merupakan salah satu lokasi pengamatan bagi pencinta Burung khususnya endemik Sulawesi. 

loading...

Komentar