Langsung ke konten utama

Nasi Kuning Manado Daun Woka Yang Bikin Baper

Keunikan Nasi Kuning Manado  bikin baper, berasa di hajatan nikahan mantan, soalnya nasi kuning Menado tidak dibungkus menggunakan daun pisang atau kertas pada umumnya, melainkan menggunakan Daun Woka sejenis Janur atau tepatnya lebih mirip daun Lontar dan biasanya digunakan pada acara nikahan. nasi kuning dengan bungkus daun woka merupakan makanan khas dari Manado.

 

nasi-kuning-manado-daun-woka-yang-bikin-baper
Citarasa  lezat, Nasi Kuning Manado Menggugah Selerah
Perjalanan saya di Kota Manado kali ini memang cukup mengesankan selain mengunjungi beberapa tempat wisata  anti mainstream saya juga menemukan sesuatu pemandangan berbeda lainnya, namun bukan pemandangan alam melainkan penampakan Nasi Kuning Manado.
loading...

Nasi Kuning makanan khas Indonesia,  terbuat dari beras biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia seperti kunyit rasanya sangat gurih dan nikmat. Nasi kuning merupakan salah satu makanan favorit saya,  sangat mudah ditemukan saat pagi hari.

Hampir di seluruh wilayah nusantara dari barat hingga timur,  warung - warung penjual nasi kuning bisa kita jumpai dengan mudah, termasuk di Kota Manado yang juga dikenal dengan Kota Tinutuan .

nasi-kuning-manado-daun-woka-yang-bikin-baper
Nampak Unik, Nasi Kuning Manado di Bungkus Menggunakan Daun Woka

Namun dibalik ketenaran nasi kuning di Indonesia Nasi Kuning Manado memiliki keistimewaan tersendiri pada cara pengemasan nya, nampak tidak lazim seperti pembungkus nasi kuning pada umumnya, Nasi Kuning Manado tidak di bungkus menggunakan daun pisang atau kertas makanan, melainkan menggunakan daun woka sejenis janur atau lontar yang biasa di gunakan pada acara . menjadi nasi kuning dengan bungkus daun woka merupakan makanan ciri khas Manado


Pagi ini saya ditemani Galih  mencari sarapan pagi di Kota Manado, sebelum melanjutkan  perjalanan hari ini menuju Bunaken, sambil berboncengan mengendarai sepeda motor, kami melintasi sebuah jalan kecil di kota Manado di dekat kampung Ternate, saya melihat sebuah warung penjual nasi kuning berada tepat di seberang jalan, kami pun mampir untuk membeli  sarapan  paling banyak di jumpai di Indonesia ini, 
saya memesan nasi kuning  dengan lauk ikan suir dan telur rebus, saat penjual mengambil daun woka untuk membungkus Nasi Kuning Manado, pandangan saya pun langsung tertuju pada pembungkus nya nampak bentuknya unik dan tidak biasa.

Daun woka dalam bahasa latinnya Livistona Altissima memang banyak tumbuh di Provinsi Sulawesi Utara  serupa  daun lontar dan janur , Daun woka  biasa digunakan sebagai pengganti daun pisang atau kertas makanan di Manado.

Ini merupakan pertama kalinya saya mencicipi Nasi Kuning Manado yang di bungkus dengan menggunakan daun woka, aroma dan citarasa nya memang terasa berbeda dengan nasi kuning lainnya ada sensasi tersendiri berbaur bersama campuran lauk dan taburan bawang goreng, membuat rasa nasi kuning begitu enak, Kelebihan menggunakan daun woka, sebagai pembungkus Makanan, membuat  Nasi Kuning Manado  terasa lebih nikmat.



loading...

Komentar