Langsung ke konten utama

Ngopi Di Kedai Kopi, Alat Komunikasi Baru Lebih Manusiawi

Ngopi ungkapan ini kemudian menjadi sangat populer di Indonesia,  Ngopi bareng adalah alat komunikasi baru untuk menggambarkan gaya hidup seseorang, ngopi yuk, adalah simbol dari ekspresi kehangatan untuk membangun peradaban. Dibalik kebiasaan ngopi di cafe  masyarakat saat ini, tentunya membuka  peluang  bisnis nan   trendi dan terupdate.

ngopi-di-kedai-kopi-alat-komunikasi-baru-lebih-manusiawi


Buka usaha kopi bukan lagi hanya milik pemodal besar, para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pun kini dapat memulai membuat rencana usaha kedai kopi atau warkop kecil-kecilan,  usaha kedai kopi memiliki prospek  cukup  menjanjikan.


loading...

Memulai rencana usaha kedai kopi atau warkop dari halaman teras rumah pun dapat kamu wujudkan, dengan menyulap space kecil halaman rumah menjadi kedai kopi atau warkop sederhana namun bisa bikin pengunjung betah. 

Banyak macam jenis usaha kopi dan warkop yang memulai brand sendiri saat ini starbucks, max coffee, excellco bukan lagi  satu-satunya pelaku bisnis kopi penguasa pasar.

Kini brand lokal  hadir menjadi pesaing baru brand - brand besar tersebut,  mulai menunjukan eksistensi nya dalam bisnis paling menjanjikan ini.

Sebut saja kopi janji jiwa, anomali coffee, sabang16, wisang kopi,   brand lokal ini kini sudah cukup terkenal dengan membuka banyak cabang di Indonesia.

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay 

Bagi Anda sangat membutuhkan contoh  proposal usaha kedai kopi,  proposal untuk bisnis Coffee Shop ngopi yuk Uhuy dapat menjadi contoh proposal coffee shop sederhana.

Ada lebih banyak contoh rencana bisnis untuk rencana kedai kopi, dapat Anda dapatkan di mesin pencari google.

 

Informasi dan Bisnis yang dilaksanakan :

Nama usaha  kami dirikan merupakan  ngopi yuk uhuy, seluruh kopi  kami sediakan menggunakan teknik penyajian manual brewing, serta mesin expresso, tetapi tata cara manual brewing lebih kami anggap sangat cocok digunakan buat memperoleh cita rasa  berbeda serta unik. penyajian dengan metode manual brewing merupakan sejarah penyeduhan kopi tertua berasal dari turki serta masih jadi trend hingga di kala ini spesial nya untuk penikmat kopi. 

Visi Usaha

Mendirikan usaha kedai kopi dengan keunikan tertentu dalam perihal citarasa kopi saat disajikan supaya mempunyai energi saing besar terhadap bisnis sejenis

Misi Usaha 

1. Membagikan pelayanan terbaik dari segi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

2. Menghasilkan sajian kopi dengan  citarasa unik serta kekinian


URAIAN TENTANG ASPEK USAHA

Saat ini prospek usaha kedai kopi kekinian kian tumbuh pesat khususnya di Sulawesi Tengah, ngopi menjadi  trend baru ditengah masyarakat, melihat perubahan gaya masyarakat saat ini, semakin dinamis dan modern,  tentunya ini merupakan prospek pasar sangat menjanjikan.


 LATAR BELAKANG USAHA

Saat ini ngopi menjadi sebuah alat komunikasi baru untuk menggambarkan gaya hidup seseorang, simbol ngopi bareng dianggap paling manusiawi dipakai saat ini untuk dapat berkumpul dengan rekan bisnis, teman, bahkan keluarga, sehingga  kedai kopi merupakan pilihan  paling banyak dicari saat ini. Maka dari itu bisnis kedai kopi pun semakin menjanjikan, Kedai ngopi yuk uhuy   menjadi bagian dari perubahan tersebut,   dengan memberikan kualitas dan mutu terbaik serta harga relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.

TUJUAN ATAU POTENSI DAN PEMBAGIAN WAKTU
Tujuan dari usaha ini adalah sebagai Tempat ngopi dengan teknik manual brewing, dapat membuat   siapa saja ketagihan.

 KEUNIKAN PRODUK ATAU PELAYANAN

Adapun keunikan produk atau pelayanan dari usaha kedai ngopi yuk uhuy

Harga produk cukup terjangkau .
Cita rasa kopi cukup unik karena dari biji kopi lokal Indonesia dan tentu dapat memuaskan konsumen.
Tempat didesign senyaman mungkin untuk ngopi bareng.


ANALISIS USAHA

 PENELITIAN DAN ANALISIS

A. TARGET PASAR ATAU KONSUMEN

- Penikmat kopi
- Masyarakat 
- Mahasiswa 

UKURAN DAN TREN ATAU KECENDERUNGAN PASAR

Berdasarkan penelitian kami, kecenderungan  konsumsi kopi kini menjadi trend baru di masyarakat kita, ngopi di kedai atau cafe menjadi cara baru  untuk menikmati secangkir kopi.

SITUASI PERSAINGAN

Situasi persaingan yang saya hadapi  mengingat banyaknya kedai kopi  bermunculan saat ini, dalam mendirikan usaha kedai kopi membuat persaingan cukup ketat dan bersaing ketat.

PENELITIAN DAN ANALISIS
 TARGET PASAR ATAU KONSUMEN


-  Penikmat kopi, 

B. UKURAN DAN TREN ATAU KECENDERUNGAN PASAR

Berdasarkan penelitian, kecenderungan  konsumsi kopi kini menjadi trend baru di masyarakat kita, ngopi di cafe menjadi cara baru  untuk menikmati secangkir kopi.

 SITUASI PERSAINGAN

Situasi persaingan yang saya hadapi  mengingat banyaknya kedai kopi bermunculan saat ini, dalam mendirikan usaha kedai kopi membuat persaingan cukup ketat dan bersaing ketat
RENCANA PEMASARAN

STRATEGI PASAR

Strategi pemasaran y dilakukan :

a) Keterangan Produk

olahan kopi dari biji kopi fresh dan diproses dengan teknik manual. untuk menciptakan rasa  unik, maka masyarakat luas tentu tertarik dan penasaran serta puas dengan menu kopi di tempat kami.

b) Keunggulan Produk dan Jasa

Disini kami tidak hanya menyediakan menu kopi,  tetapi saya berusaha memadukan kopi dengan berbagai rasa, misalnya rasa coklat dan lain- lainnya.

c) Harga Produk

Harga  cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Harga tersebut tergantung dari  biji kopi , semakin mahalnya harga biji kopi yang digunakan  seperti biji kopi import, tentunya   semakin tinggi pula harganya.

d) Jalur Penjulan

Kedai kopi uhuy, memiliki beberapa cabang kedai kopi   di sulawesi tengah .

 MASALAH PENETAPAN HARGA

Harga yang dikenakan adalah harga yang diperkirakan cukup terjangkau oleh masyarakat sekitar. Adapun permasalahannya adalah apabila harga bahan baku kopi import lagi tinggi, dan bahan pelengkap lainnya yang kami gunakan ikut naik juga adanya beberapa beban bakal kami perhitungkan, maka produk tersebut  tidak terlalu laku di pasaran karena beralih ke produk lain yang lebih murah.  Namun, saya selaku wirausahawan  handal, mencoba mencari solusi dari permasalahan tersebut.


 PERIKLANAN DAN PROMOSI

Untuk promosi prioritas utama saya adalah melalui media social dan media masa.

PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN

 PENGEMBANGAN DAN RENCANA DESAIN

Usaha ini hendak terus saya kembangkan dengan semangat dan komitmen  kuat, bahkan saya dengan mencoba membuka lebih banyak cabang ditempat lain. dengan menciptakan banyak tambahan menu dan variasi,  pelayanan cepat adalah keunggulan kedai uhuy, untuk menghilangkan rasa bosan pengunjung dapat belajar cara membuat kopi dengan menggunakan teknik manual brewing modal pengembangan usaha bakal kami tambah dari modal sendiri serta kredit bank.


4.2 HASIL- HASIL PENELITIAN 

Menurut hasil penelitian saya, usaha- usaha kedai kopi  di daerah Sulawesi Tengah ini kurang melakukan promosi, variasi menu kopi  kurang bervariasi, sistem  pelayanan pun cukup lambat.

ASPEK MANAJEMEN


Weaknes (Kelemahan)

1.     Bahan baku kopi yang sulit didapatkan
2.  Biji kopi mudah rusak jika penyimpanan  dilakukan sembarangan atau di tumpuk

Oportunity (Peluang) 
a.    Kondisi masyarakat  semakin modern dan dinamis.
b.    Kebutuhan  pasar semakin meningkat

Threaty (Ancaman) : 
Munculnya produsen - produsen baru  sejenis yang berusaha menyaingi usaha, dengan beraneka ragam promosi diskon, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.


ASPEK RESIKO



MASALAH – MASALAH YANG POTENSIAL
Masalah- masalah kami alami dalam mendirikan usaha kedai kopi  adalah banyaknya usaha berjenis sama. Namun demikian, saya berusaha membuat olahan kopi agar memiliki citarasa berbeda dan unik  serta ramah lingkungan. Masalah yang dialami oleh beberapa usaha yaitu masalah mengenai keuangan. Oleh karena itu, saya berusaha mengatur semua aspek keuangan.

 RESIKO DAN HAMBATAN

 Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya kedai kopi  dengan harga lebih murah, adanya manajemen pengelolahan  kurang rapi, tingginya harga biji kopi, tempat  kurang strategis, respon dari masyarakat  kurang baik dan lainnya.

TINDAKAN ALTERNATIF 

Berikut ini adalah tindakan- tindakan alternatif kami dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko tersebut:
-  saya bakal membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan saya tentu merancang sistem akuntansi sederhana .
-   saya bakal membangun komunitas ngopi pagi.
-   saya bakal membuat ciri khas tertentu pada menu kopi, agar beda dari kedai kopi  lain, baik dari segi prasarana dan kualitas, serta harga  terjangkau.
Strength (Kekuatan) 
  harga semua menu di kedai ngopi yuk uhuy  cukup terjangkau oleh kalangan 
  kualitas kopi menggunakan  olahan biji kopi berkualitas baik dan sangat terjamin, karena dalam proses 

Weaknes (Kelemahan)

1.    Harga biji kopi   tinggi
2.    Biji kopi  tentu mudah rusak jika penyimpanan  dilakukan sembarangan 

Oportunity (Peluang) 
a.    Kondisi masyarakat semakin konsumtif, dan modern mempermudah saya untuk memasarkan kedai kopi uhuy.
b.    peminat kopi semakin meningkat
Threaty (Ancaman) : 
Munculnya kedai -kedai kopi baru  sejenis, berusaha menyaingi peru

BAB VII ASPEK FINANSIAL

  PERKIRAAN FINANSIAL
A.   KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN

Apabila saya menjalankan usaha ini dengan lancar dan sukses, maka secara otomatis saya bisa mendapatkan beberapa keuntungan  besar. saya berusaha agar usaha  ini tidak mengalami kerugian. Dengan melakukan manajemen keuangan k.

B.   Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)

Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan  dan biaya - biaya yang hendak keluar yaitu :

harga dan menu di kedai ngopi yuk uhuy cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.

Kualitas dan keunikan rasa kopi kami sangat berbeda dan sangat terjamin kualitasnya dari olahan biji kopi  masih fresh, semua sajian makanan dan minuman kami buat dengan proses pembuatan nya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
 
loading...
loading...
loading...

Komentar