Langsung ke konten utama

Pus Meong Pasar EkstremTomohon Paling Laris

Pus Meong, masuk dalam daging  hewan yang diperdagangkan di Pasar Ekstrem Tomohon,  paling laris setelah Anjing, Saya jadi penasaran setelah mendengar cerita mengenai  Ekstrem  nya Pasar di Tomohon. 

Binatang tidak lazim dan tergolong extrem dapat kita jumpai,  di pasar tomohon, katanya sih hampir mirip dengan pasar tradisional  di Wuhan China food market. tapi berhubung saya juga belum pernah ke Wuhan, ya saya jadi lebih penasaran lagi dibuatnya.

Pasar Extreme Tomohon berjarak sekitar 1 jam dari kota Manado, dan biasanya disebut Pasar Beriman Tomohon, di sini kita dapat menemukan potongan-potongan daging hewan  jarang kita temui di pasar tradisional di Indonesia. 

Seperti daging ular, kelelawar, Pus meong, biawak, anjing, tikus hutan, bahkan daging monyet dulu diminati dan diburu oleh pembeli  di Pasar Tomohon. 

Tetapi setelah peraturan pemerintah melarang perdagangan monyet sebagai makanan, Jadi kita tidak akan lagi menemukan pedagang  menjual daging monyet di Pasar  Ekstrem Tomohon.
pus-meong-pasar-ekstrem-tomohon-paling-laris
Pasar Tomohon Manado
Pandangan saya tertuju pada sosok kecil  sangat terampil membantu membersihkan hewan  terlihat seperti Tusa (Pus Meong dalam bahasa Manado). 

Ketrampilan ini diwariskan turun-temurun oleh pedagang lokal,  kucing  dipanggang dalam perapian menggunakan mesin kompresor tidak memakan waktu lama untuk membersihkan bulu-bulu  melekat pada hewan  lucu yang biasa di panggil Pus Meong,  terlihat hitam dan sedikit agak gosong.

Penuh sesak dengan pengunjung sore ini, karena besok menjelang tahun baru,  para pedagang  ingin menawarkan berbagai hewan bersaing untuk menawarkan dagangan mereka, tercium aroma amis pun kian menyengat, tetapi keingintahuan ini semakin besar untuk terus melihat kegiatan  sangat langka. Saya temui .

Ketenaran Pasar Ekstrem Tomohon, membuat banyak wisatawan penasaran, hingga  beberapa program acara  petualangan  pernah bertandang kemari,  kali ini saya ingin bisa menyaksikan langsung aktifitas di pasar extreme tomohon.

Kegiatan di Pasar Ekstrem Tomohon  belakangan  menjadi perhatian para aktivis pecinta hewan,  beberapa   petisi telah dikirim, agar aktifitas penjualan hewan bukan ternak ini dihentikan. 

Tetapi budaya dari Komunitas lokal terus berlanjut untuk waktu cukup lama tidak dapat menghentikan protes. Dengan kata lain, ini adalah tradisi turun temurun untuk menjadi kebijaksanaan komunitas lokal .


Binatang didalam keranda terbuat dari besi meraung ketakutan, siap di jagal, pertanyaan saya darimana binatang dengan jumlah sebanyak ini mereka kumpulkan?

Menurut cerita, hewan di pasar Tomohon biasanya dikirim dari luar wilayah Manado. Seperti dari Sulawesi Selatan, dan daerah Sulawesi lainnya bahkan telah dikirim dari Kalimantan, untuk itu Pasar Tomohon selalu dapat memenuhi permintaan pasar karena jika hanya mengandalkan pasokan hewan dari Manado, saya tidak berpikir itu akan cukupKarena  populasi hewan peliharaan di Manado seperti Pus Meong dan Anjing pun lama kelamaan akan sulit ditemukan.
pus-meong-pasar-ekstrem-tomohon-paling-laris
Paniki, yang sudah di bersihkan 


Kisah di balik ekstrem pasar Tomohon, tentu saja tidak semua orang  yang ada suka mengkonsumsi hewan bukan ternak, beberapa mungkin sebaliknya memilih untuk mengkonsumsi hewan ternak seperti babi, atau Ayam.

Dari semua kisah-kisah pangan ekstrem dari Pasar Tomohon,   saya akhirnya memiliki pengalaman sendiri bercampur dengan rasa ingin tahu dan rasa sulit diungkapkan, tips dari saya untuk mengunjungi pasar Tomohon Ekstrim untuk bersikaplah sewajarnya dengan begitu anda akan terlihat lebih seperti penduduk lokal dibanding wisatawan yang baru pertama kali datang.

Selain Pasar Tomohon Manado, kita juga masih bisa menikmati pemandangan  indah Kota Tomohon yang berhawa sejuk dan dingin, berada di dataran tinggi Sulawesi Utara, Tomohon  diapit dua gunung yaitu gunung Mahawu  dan  gunung Lokon  masih aktif sampai dengan sekarang, alasan ini pula  menyebabkan tanah di Tomohon begitu subur, sehingga jangan heran jika kalian akan melihat pemandangan bunga nan cantik tumbuh dan mekar menghiasi kota Tomohon,  juga terkenal dengan sebutan Kota bunga, untuk itulah sempatkan waktu untuk mengexplore lebih banyak lagi destinasi wisata di  tomohon untuk  di kunjungi, salah satunya adalah  Danau Linow Tomohon, danau vulkanik  airnya dapat berubah warna ini dapat kamu tandangi.







loading...
loading...

Komentar