Langsung ke konten utama

Kaledo Kuliner Palu Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Kaledo kuliner Palu legendaris yang masih eksis sampai sekarang masih ada dan populer. Kaledo adalah  kuliner tertua di lembah Palu,  kuliner unik ini dapat bertahan hingga saat ini, rasanya nan segar,  asam dan pedas membuat kuliner ini sangat diminati dan Kaledo menjadi salah satu  kuliner  paling banyak dicari pencinta kuliner tradisional.

kaledo-kuliner-jaman-dulu-sampai-sekarang-masih-eksis
Warung Kaledo Loli

Makna nama Kaledo itu sendiri, sejauh ini saya ketahui, merupakan  singkatan dari "Kaki Lembu Donggala"  di mana  Kaledo berbahan utama daging lembu, khususnya bagian tulang kaki, dan di dalamnya ada sumsum lembu, tulang dimasak dengan rempah-rempah sederhana terdiri dari asam mentah, bawang merah, cabai dan garam.

kaledo-kuliner-jaman-dulu-sampai-sekarang-masih-eksis
Photo : Kaledo Om Pado By Facebook
Biasanya Kaledo disajikan dengan taburan bawang merah khas  palu, Bawang goreng Palu terkenal dengan rasa renyah, Selain itu, dengan kehadiran cabai dan jeruk, tentu saja semakin membangkitkan nafsu makan Anda. orang-orang di Lembah  Palu, dari masa lalu lebih suka untuk menikmati kuliner lezat bernama  Kaledo ini dengan Ubi atau Pisang rebus.

Selalu membuat makanan ini terasa istimewa adalah cara untuk memakannya. sumsum  melekat pada tulang di sruput - sruput , dan  daging dipinggiran tulang dapat dimakan segera karena tekstur nya lunak dan lembut.

Pada pandangan pertama, Kaledo terlihat seperti  sop Buntut, namun Kaledo dengan bahan utamanya adalah daging lembu ini, memiliki ukuran potongan cukup besar, serta memiliki cita rasa  unik pedas gurih dan asam.

Kaledo memiliki caranya sendiri untuk diproses, dengan menggunakan rempah-rempah alami, terdiri dari asam mentah, cabai segar dan beberapa bumbu lainnya,  bagaimana memasaknya pun sangat tradisonal dengan menggunakan kayu bakar sehingga dapat menghasilkan aroma rasa khas dan menggugah selerah.

Seporsi Kaledo dijual seharga Rp. 50.000, ada banyak warung kaledo  bisa anda temukan di Kota Palu. Kaledo adalah salah satu kuliner wajib  tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota Palu, bahkan makanan khas dari Kabupaten Donggala,  didominasi  rasa pedas dan asam ini  merupakan salah satu menu wajib sering disajikan pada acara resmi dan perayaan hari besar keagamaan.




loading...
loading...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh  proposal usaha keripik pisang. Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang   Daftar Isi 1 BAB I PENDAHULUAN 2 BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA 3 BAB III ANALISIS INDUSTRI 4 BAB IV PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN 5 BAB V ASPEK MANAJEMEN 6 BAB VI ASPEK RESIKO 7 BAB VII ASPEK FINANSIAL Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan.  Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah. Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas

Jualan Di Redbubble, Hasilkan Dollar Tanpa Modal

Rasanya tidak nyaman harus tetap dirumah tatkala Virus Corona Mewabah, pembatasan aktivitas diluar rumah membuat situasi saat ini terasa begitus sulit, dampaknya banyak karyawan harus dirumahkan, tidak sedikit pulah dari mereka hanya bisa pasrah menerima nasip tanpa pesangon karena perusahaan tidak lagi mampu membayarkan, namun ditengah situasi dimana penuh dengan  ketidak pastian saat ini, kita harus tetap optimis ada solusi dan jalan lain bisa kita lakukan, memang terdengar muluk, tapi apa iya kita harus rebahan saja dirumah, minimal ada usaha lain  bisa kita coba buat mendapatkan penghasilan,  lantas kita musti bagaimana?    Sekarang ini hampir semua orang memiliki smartphone, dan semuanya pasti terhubung dengan internet akses, ini merupakan peluang besar buat mencoba membangun bisnis dari rumah era orang tidak bisa kemana-mana, mulai lah berpikir bisnis apa paling cocok menurut mu, Kuliner, Design Grafis, Writer, Conten Creator, Dropshipper, atau  lainnya yang cocok dengan Pas