Langsung ke konten utama

Time Laps Video di Kamera Nikon D5300

Time laps adalah teknik fotography  dan videography untuk merekam suatu objek dalam Selang waktu  tertentu, misalnya jika  ingin menangkap momen perubahan dalam waktu antara  sore dan malam   saat matahari terbenam, atau pergerakan lainnya seperti kendaraan di jalan  atau di pusat keramaian

Gambar oleh Werner Satzger dari Pixabay 


Untuk dapat membuat Video TimeLaps, tentu saja Anda harus menyiapkan alat yang akan digunakan misalnya kamera DSLR atau  pun handphone yang memiliki fasilitas setting manual,  dalam membuat Vidio TimeLaps saya kali ini menggunakan kamera Nikon D5300, sedikit banyak pembahasan pada tulisan saya kali ini mengenai  pengaturan dan teknik pengambilan video timelaps menggunakan kamera Nikon D 5300. 

Tripod menjadi bagian terpenting dari pembuatan putaran waktu video untuk menghasilkan video yang halus dan lancar. Saya menggunakan tripod dengan 3 kaki sehingga dengan mengunakan tripod ini tidak ada yang lebih stabil dan hasilnya tidak goyang,

Atur ke kamera Nikon D5300, pengaturan yang perlu Anda lakukan pada kamera,  semua fungsi otomatis untuk di nonaktifkan agar menghindari perubahan  lain  yang dibuat oleh kamera, lebih baik  dan disarankan untuk menggunakan mode manual.


Putar tombol daya pada kamera, tekan pada tombol   menu sebelah kiri, pilih menu gerakan pemotretan. Tombol pemilihan selektor dalam menu pemotretan cari pilihan  interval timer shooting , pilih menu pemotretan waktu mulai interval waktu 00:00:05 Jumlah waktu 900 beberapa detik antara pemotretan yang Anda inginkan.

Setelah semua gambar saya dapatkan waktunya memproses di salah satu software editor video  yaitu  video pad, selain dilengkapai fasilita pembuatan video time laps software satu ini terbilang  cukup ringan dan mudah untuk menggunakan nya.






loading...

Komentar