Langsung ke konten utama

Wisata Pasir Putih Pantai Kaluku

Mau merasakan suasana yang sepi di tepian pantai, dengan air laut yang biru serta pantai pasir putih, di kota Donggala ada sebuah tempat wisata yang sangat memukau namanya pantai kaluku,  Cerita Keindahan Pantai Pasir Putih Kaluku Donggala tidak perlu diragukan lagi . 

Sepanjang memasuki kawasan wisata Pantai Pasir Putih Kaluku Donggala kita akan di suguhkan pemandangan indah hamparan pohon kelapa, sebagai ciri khas pantai nyiur melambai, sesuai dengan nama pantai Kaluku ,  mempunyai makna dalam bahasa lokal  penduduk setempat ,  yang mayoritas adalah suku Kaili ,  jika diterjemahkan artinya memang sesuai dengan ciri khas pantai pasir putih ini, yaitu :  ” pohon kelapa”. 

 

Cerita Keindahan Pantai Kaluku Akhir Pekan
Pemandangan Indah Pantai Pasir Putih

Dengan  menempuh perjalanan  darat,  sejam lebih ke arah selatan kota Palu, melalui jalan trans  di Desa Limboro kabupaten Banawa tengah, dari arah jalan trans tadi, masuk ke arah kanan jalan melewati jalan beraspal , kita akan sedikit mendaki, melewati perbukitan   kurang lebih 6 sampai dengan 7 kilo meter dari balik bukit , setelah mendapat   penunjuk arah  diantara pertigaan jalan, tengok papan penunjuk arah  jika terus anda akan sampai ke pusat laut, sedangkan ke kanan anda akan menuju Pantai Pasir Putih Kaluku Donggala, dimana letak keindahan pantai pasir putih mempesona ini bersembunyi.

Cerita Keindahan Pantai Kaluku
Mengantung  Hammock di batang pohon kelapa,  sambil menikmati angin sepoi sepoi di  pantai kaluku


Bagian dari potensi wisata bahari Indonesia, Pantai Pasir Putih Kaluku Donggala tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia,   dikaruniai  Tuhan dengan  keindahan alam khususnya pesisir pantainya yang menawan,  menjadikan Indonesia  kian tersohor di mata dunia ,  sebagai negara dengan pantai - pantai eksotis yang tersebar hampir diseluruh wilayah. Termasuk salah satunya adalah pantai Kaluku.

Keindahan pantai kaluku sampai dengan saat ini masi menjadi tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Palu,  selain lokasinya yang tidak begitu jauh ,  untuk menikmati keindahan pantai kaluku terbilang cukup murah, tikat masuk kekawasan wisata Pantai Pasir Putih  Kaluku Donggala, merogok kocek tidak sampai Rp, 5000 / orang,  tentunya tebilang cukup murah dibandingkan tempat wisata lainnya yang dikenakan biaya masuk cukup mahal.


Selama berada di pantai kaluku, kamu akan di suguhkan hal-hal menarik, apa saja hal menarik itu.

1.  Keindahan  bentang alam yang benar- benar cantik, siap membuat decak kagum pengunjung, sepanjang pesisir pantai pasir putih nampak serasi berpadu birunya laut,  merupakan pemandangan yang berbeda dengan pantai lain,   lokasi pantai kaluku dengan garis pantai yang sangat panjang memberikan kesan lapas  pada pandangan pertama,  sehingga beban yang ada dalam pikiran akan sirna dengan seketika.



2. Memanfaatkan momen disaat air laut surut,   dikarenakan jarak antara tepian pantai pasir putih kaluku dan air laut cukup jauh, saat surut,    kamu masih bisa berenang jika kamu mau, karena airnya cukup dangkal, momen ini juga akan dimanfaatkan sebagian wisatawan untuk ber swa photo berlatarkan tebing karang menjulang tinggi, membuat hasil photo akan tampak lebih keren.


Cerita Keindahan Pantai Kaluku Akhir Pekan
Saat air surut di Pantai Kaluku

3. Pantai Pasir Putih Kaluku menjadi salah satu lokasi untuk melihat sunset terbaik di Donggala, menunggu sunset di Pantai Pasir Putih Kaluku adalah hal yang paling dinantikan wisatawan. warna langit lembayung akan membuat suasana  menjadi sangat romantis.

Menunggu sunset sambil main ayunan di Pantai Pasir Putih Kaluku

4. Pantai Pasir Putih Kaluku juga merupakan salah satu lokasi Kemping,  menikmati kesunyian malam, diantara galaxy bima sakti  yang menjadi penerang, benar-benar sunyi hanya suara raungan ombak  yang terdengar bersama kicau binatang malam .

Cerita Keindahan Pantai Kaluku
Suasana Keping di Pantai Pasir Putih Kaluku


5. Buat yang senang dengan kegiatan memancing, jika kamu mau,  dapat menyewa perahu milik nelayan setempat untuk mengantarkan kamu pergi melaut, cobalah untuk meminta informasi lokasi yang paling cocok untuk kegiatan memancing di Pantai kaluku, karena hampir semua penduduk yang tinggal di pesisir Pantai Pasir Putih kaluku mata pencarian sehari hari sebagai nelayan,  mereka sangat paham dengan kondisi di Pantai Pasir Putih kaluku,  dan  jika beruntung kamu dapat membawa pulang hasil  tangkapan.





loading...

Komentar