Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Bisnis Makanan

Idealnya sebelum kita mulai mendirikan bisnis, entah itu bisnis makanan, minuman, pakaian,  jual beli mobil, travel, penginapan, dll.  kita harus benar-benar  paham dengan bisnis yang akan kita jalankan,  dibutuhkan semacam proposal bisnis plan dengan tujuan, agar  bisnis kita kelak, dapat berjalan sesuai keinginan dan rencana.

Biasanya sebelum memulai bisnis,  kita membuat proposal bisnis plan terlebih dahulu, hal ini bertujuan,  memberikan gambaran  mengenai usaha yang akan kita jalankan terkait dengan  ketersediaan bahan baku, biaya- biaya yang dibutuhkan , proses produksi dan lainnya.

Proposal bisnis plan terkait dengan  analisis SWOT, modal, detail produk atau layanan yang akan dijual. Dalam bisnis, proposal bisnis plan memiliki berbagai jenis dan dibedakan berdasarkan bidang usaha yang akan dikembangkan.

Gambar oleh tomekwalecki dari Pixabay 


Misalanya pada contoh proposal bisnis makanan,  dalam artikel ini, sedikit menjelaskan  gambaran  umum bagaimana proposal bisnis plan usaha  makanan biasanya dibuat :

Contoh proposal bisnis menjual makanan ayam bakar uhf.

Ringkasan

Konsep

Ayam Bakar Uhf  adalah makanan yang didasarkan pada ayam  yang dibakar dengan balutan bumbu nusantara yang rasanya pedas. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan untuk orang-orang yang ingin menikmati sensasi ayam bakar dengan citarasa pilihan pedas yang bikin hot  harganya pun relatif  murah dan rasa yang menggugah selera.

Manajemen

Usaha  ayam bakar ufh ini didirikan oleh  dua sejoli Bejo dan Surti  yang ingin memberikan opsi kuliner untuk semua orang yang senang dengan sensasi rasa pedas yang bikin uhf.

Deskripsi Produk

Ayam Bakar Uhf  mengambil konsep  Ayam Bakar Pedas murah  dengan  dilengkapi  balutan pilihan sambal yang dapat dipilih mulai dari Dabu-Dabu, Sambal Matah, sambal kecap, sambal ijo, sambal terasi dan lainnya.

Strategi Produk

Keunggulan Ayam Bakar Ufh terletak pada sajian balutan bumbu  yang sangat unik  serta varian sambal  yang dapat dipilih sesuai selerah bersumber dari berbagai olahan sambel daerah di Indonesia.

Harga

Produk akan dijual dengan harga Rp 20.000 yang berisi ayam bakar, pilihan sambal sesuai selerah, lalapan dan nasi.

Promosi

Promosi akan dilakukan secara online dan ofline.

Sasaran Pasar

Target pasar mencapai semua kalangan mulai dari mahasiswa  hingga masyarakat umum  dan berbagai profesi dan kelas sosial.

Analisa SWOT

Kompetitor

Banyak penjual dengan model serupa dengan bisnis yang ada. namun , ayam bakkar ufh  fokus dalam penyajian bumbu pada ayam bakar yang ditambahkan dengan pilihan sambal yang beraneka ragam.

Kelebihan

Untuk  ayam bakar dengan baluran bumbu pedas s  masih sangat kurang dengan ditambahkan dengan menyajikan banyak ankea  sambal pilihan  sehingga, ayam bakar ufh masih unggul.

Kelemahan

Kesamaan jenis produk yang dijual

Opportunity

Peluang produk yang berbeda sehingga bisa disukai banyak orang.


loading...

Komentar