Langsung ke konten utama

Goa Tengkorak Pamona Peninggalan Suku Asli Poso

Goa Tengkorak Pamona adalah warisan budaya Sulawesi Tengah, peninggalan suku Pamona, suku asli Poso, sebuah goa yang tidak jauh dari Danau Poso,  merupakan salah satu goa berisikan  tengkorak  masih dapat ditemukan sampai saat ini.

Masyarakat adat Pamona di masa lalu sering mengubur orang-orang telah mati ke dalam goa di sekitar, sehingga tak jarang  kita akan menjumpai tempat wisata goa tengkorak, seperti Goa tengkorak latea, Goa tengkorak di Kampung Penggoli dan mungkin masih banyak lagi goa tengkorak  lain  belum ditemukan.


tengkorak-manusia-di-goa-pamona-peninggalan-suku-asli-poso
Goa Kampung Penggoli, Pamona Timur, Kabupaten Poso



Kabupaten Poso memang memiliki tempat wisata goa tengkorak, cukup unik dan istimewa untuk di kunjungi,  terletak tepat di jantung Pulau Sulawesi, berada dalam posisi  cukup strategis dari Trans Sulawesi antara Toraja, Gorontalo dan Menado, membuat banyak wisatawan berhenti dengan hanya beristirahat dan bepergian.
Tempat wisata goa tengkorak , dekat dengan Danau Poso, danau terbesar ketiga di Indonesia adalah  Goa Pamona yang terletak di kecamatan Tentena.
loading...


Memasuki pintu goa tengkorak Pamona, telihat sangat sempit, saya berjalan sedikit bengkok, melewati tangga secara khusus sebagai garis arah untuk pengunjung, jadi nanti  tidak hilang di goa tengkorak, memasuki ruang pertama goa ada tumpukan tulang dan tengkorak manusia, tepat di sebelah kanan goa, tetapi tulang dan tengkorak ini tidak lagi berada dalam kayu dengan ukuran khusus,  biasanya digunakan dalam tradisi penguburan tua suku Pamona, sudah lapuk dimakan usia sehingga tulang dan  tengkorak manusia hanya tergeletak diatas tanah.

tengkorak-manusia-di-goa-pamona-peninggalan-suku-asli-poso
Cagar Budaya Goa Pamona
Semakin memasuki  lorong goa ke bilik keempat , saya memutuskan untuk tidak melanjutkan, karena kondisi goa menjadi gelap dan sempit, dari semua bilik tempat wisata goa tengkorak pamona, diperkirakan berjumlah 7 kamar, tetapi untuk ruangan terakhir akan diperlukan alat Khusus karena oksigen semakin menipis.


loading...

Komentar