Langsung ke konten utama

Kata Kerja Bahasa Spanyol

Kata kerja dalam bahasa Spanyol ada yang beraturan dan ada yang tidak beraturan, kita akan memulai dengan mempleajari kata kerja beraturan .
hablar (berbicara)
comer(makan
escriber(menulis)

Gambar oleh jairojehuel dari Pixabay 


Pada 3 kategori kata kerja diatas perhatikan pada dua huruf terakhir 
kata kerja hablar  - ar
kata kerja comer - er
kata kerja escribir -ir


Ketiganya disebut kata kerja dasar Infinitif, yaitu bentuk kata kerja dasar seperti dalam bahasa inggris , to speak, to eat , to write, dsb.dalam bahasa spanyol semua infiniti berakhiran ar, er, dan ir
Kata kerja beraturan - ar

Dalam bahasa spanyol , setiap kata kerja dikonjugasikan /ditafsirkan sesuai dengan subjek dan kala. Kata kerja yang mengikuti pola tafsiran tertentu disebut kata kerja beraturan dan ditafsirkan  dengan cara yang sama. Berikut ini contoh kata kerja beraturan -ar yang dikonjugasikan dalam kala sekarang.

hablar(berbicara)

yo                           : hablo        

tu                            : hablas

el/ella/usted           : habla

nosotros/as            : hablamos

vosostros/as           : hablais

ello/ella/ustedes    : hablan

Perhatikan akhiran kata o,as,a,amos,ais,an ditambahkan pada akar kata habl-, yang didapatkan setelah akhiran -ar pada infinitif 'hablar'.

Kata kerja ganti subjek dalam bahasa spanyol tidak selaludiperlukan artinya bisa disertakan, bisa juga tidak. Hal ini karena akhiran -akhiran kata kerjanya (o, as, a, amos, ais, an)sudah menunjukan siapa pelakunya , yang melakukan perbuatan dan tindakan tersebut.oleh karena itu kata ganti orang dalam sebuah kalimat bisa dihilangkan namun bisa tetap digunakan untuk kejelasannya


loading...

Komentar