Langsung ke konten utama

Menyusuri Istana Air Taman Sari Jogja

Melewati setiap jengkal lorong bawah tanah  di Taman sari, kamu bakal berasa kembali ke sejarah tahun 1975 dimana taman sari jogja dibangun,  taman sari yogyakarta bangunan peninggalan  pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. 

Tamansari adalah warisan budaya yang masih populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta  terletak sebelah barat keraton yogyakarta , tepatnya di jalan taman, Patehan Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalan Jalan Menyusuri Istana Air Taman Sari Jogja
Gambar oleh masbebet christianto dari Pixabay 

Taman Sari buka setiap hari dari jam 8 Pagi sampai jam 2 siang dan tiket masuknya Rp 13.000 per orang. Taman Sari yang juga dikenal sebagai Istana Air,  dibangun di atas lahan seluas 10 hektar. terdapat 57 bangunan yang ada didalamnya, terdiri dari  gedung, kolam pemandian, masjid lorong bawah tanah, kanal, danau buatan, pulau buatan, jembatan, konon katanya  lorong di  taman sari yogyakarta tembus sampai dengan pantai laut selatan, jika kita amati memang  letak taman sari jogja satu sumbu lurus imajiner yang menghubungkan antara letak gunung merapi, letak tugu jogja, keraton dan parang tritis.

Bangunan Taman sari seolah memadukan nuansa lokal Jawa dan Portugal. Gedung Taman Sari Yogyakarta konon dikelola langsung oleh arsitek kebun kerajaan, kebangsaan Portugis, `Demag Tegis.

Walaupun sudah beberapa kali dilakukan renovasi. bangunan - bangunan yang menawan sarat filosofi di taman sari masih terlihat kokoh  wajib kamu kunjungi




loading...

Komentar