Langsung ke konten utama

Proposal Usaha Keripik Pisang The Papa Chips

Proposal usaha keripik pisang the papa chips, sebagai contoh proposal keripik pisang, semoga dapat digunakan pelaku bisnis UKM sebagai contoh proposal usaha keripik pisang.

Contoh proposal usaha keripik pisangThe Papa chips sendiri adalah singkatan dari Panganan Palu, dalam  olahan keripik pisang. menjelaskan secara terperinci contoh  proposal keripik pisang

Palu merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi alam sangat besar khususnya di sektor perkebunan. 
Pisang disini mungkin untuk beberapa jenis, tidak bisa ditemukan di daerah lain dan menjadi salah satu komoditi andalan, Sulawesi Tengah.

Pisang begitu melimpah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional, seperti jenis pisang sepatu, pisang tandu dan pisang emas,  dapat diolah menjadi berbagai macam kudapan atau camilan sehat dan lezat.
proposal-usaha-keripik-pisang-the-papa-chips
 Pameran Hari Nusantara


"Berkesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan Prindakop kota Palu, bisa mendapatkan banyak sekali informasi mengenai cara mengolah bahan baku pisang  agar  bernilai ekonomis  tinggi".

"Dari pengalaman  di pelatihan tersebut   sangat menginspirasi saya untuk mencoba mulai memperaktekan steb by steb  pembuatan keripik pisang di rumah,  untuk membuat keripik pisang  tidaklah semudah seperti bayanan saya, dari berapa kali melakukan  uji coba selalu gagal, sampai pada akhirnya  pun mendapatkan formula tepat.
loading...

"Awalnya produk hanya di tawarkan kepada orang terdekat, untuk mendapatkan testimoni langsung dari mereka, dari cara inilah, saya mendapatkan banyak masukan untuk mencoba varian lain,  hingga akhirnya  keripik pisang the papa chips memiliki beberapa varian lain di luar rasa original, ada tambahan rasa lainnya  seperti   Coklat,  Keju, Balado, dan Pedas."

Berjalan nya waktu,  keripik pisang aneka rasa the papa chips semakin siap untuk  bersaing di pasaran, dan kebetulan  berkesempatan untuk bergabung dalam ke anggotaan pengusaha keripik pisang Sulawesi Tengah, dan kebetulan ikut serta dalam kegiatan pameran  Hari Nusantara.

Kesempatan ini menjadi langkah awal untuk di  gunakan sebagai ajang promosi,  tujuan hanya untuk mengetahui seberapa besar nilai jual dan keuntungan  didapatkan oleh para pelaku usaha dengan memanfaatkan bahan baku perkebunan  di daerah ?" dan hasil  selama 3 hari mengikuti pameran diluar ekspetasi ,  melebihi dari target awal !. hal ini pula  membuat produk keripik pisang the papachips lebih berkomitmen dan bersemangat lagi untuk terus berkembang.


Namun resiko dan kendala pasti bakal muncul, khususnya di era globalisasi saat ini  membuat semuanya berubah begitu cepat, contoh kecilnya pada kemasan, sekarang bentuk dan model kemasan di design lebih menarik dan efisien bahkan dibuat nampak terlihat lucu, hal ini terlihat sepele namun bakal mempengaruhi keputusan pembeli, dan menjadi entitas sebuah produk agar mudah di ingat konsumen.

Kita dituntut untuk lebih jelih dan terus berinovasi, agar  mampu bersaing cobalah untuk mulai membangun bisnis online dengan membuat web e-commerce.
Dari pengalaman ini,  melihat potensi cukup besar ini, tidak lah cukup untuk merespon permintaan pasar aspek lain pun jadi penentu, untuk bisa mengolah sumber daya yang ada menjadi bernilai ekonomis seperti usaha cemilan sehat dari bahan alami seperti pisang kita juga dituntut untuk lebih peka terhadap perubahan prilaku pasar saat ini.

"Melihat potensi lain, tidak terfokus pada  satu hal saja, ada cara lain yang bisa terus di kembangkan" 


Kebetulan  tinggal di kawasan  dekat dengan pantai, tentunya ada olahan lain  bisa dihasilkan, semacam ikan tongkol untuk diolah menjadi ikan asap, abon ikan, sambal roa dll.
proposal-usaha-keripik-pisang-the-papa-chips
The Papa Chips Go to Holland
 
"Berbagi ilmu itu hal mudah, namun sedikit orang bisa melakukan" 
hal ini sangat mendorong minat saya, untuk sekedar share  lewat tulisan,  pengalaman yang pernah di dapatkan, dan juga kedepan nya semoga  agar kawasan tempat saya tinggal khusus nya, agar dapat mengolah hasil-hasil sumber daya alam,  serta dapat membuka lapangan kerja  baru. 

Tentunya dengan proses pelatihan seperti yang pernah saya ikuti, hal ini bakal sangat membantu untuk memberi kesempatan kepada masyarakat, belajar mengembangkan keahlian, khususnya bagaimana cara mengolah bahan-bahan  mudah didapatkan menjadi bernilai ekonomis Tinggi.  

Dukungan dan peran Pemerintah terkait sangat dibutuhkan untuk menjembatani keterbatasan masyarakat terhadap informasi,  berharganya informasi melalui  pelatihan Prindakop, membuka jalan baru bagi banyak pelaku bisnis UMKM. 

Semoga latar belakang dari pengalaman  ini bisa memberikan sumbangsi bagi masyarakat untuk melihat dan memanfaatkan potensi sumber daya alam di  lingkung masing-masing ,  namun perlu di ingat bagaimana kita menjaga alam ini dengan baik agar bisa memberikan manfaat dan keuntungan bagi kita salah satunya dengan cara mengganti kemasan-kemasan plastik  dengan kemasan-kemasan ramah lingkungan yang juga banyak dijual di pasaran saat ini agar lingkungan tetap terjaga.

Semoga  proposal usaha keripik pisang ini  dapat membantu mendorong para pelaku usaha UMKM  dalam hal pengajuan modal tambahan dengan membuat proposal usaha kecil sederhana.
saya sertakan proposal usaha keripik pisang lengkap The Papa Chips .dapat di dowload pada link >>>>>>
loading...

Proposal Keripik  Pisang
The Papa Chips




BAB I



PENDAHULUAN

1.1 NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN

Nama perusahaan : CV. Cahaya Utama Sejahtera 

Alamat                     : Jl. Samratulangi , Kota Palu


1.2 NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB USAHA


Nama                       : Rukly

Alamat                     : Jl. Samratulangi, Kota Palu


1.3 INFORMASI TENTANG BISNIS YANG DILAKSANAKAN


Adapun nama usaha yang bakal dirikan adalah The Papa Chips  bergerak dibidang pangan industri rumah tangga, usaha ini kami prioritas utamakan dalam memproduksi keripik pisang kemudian menyalurkan langsung ke masyarakat.


VISI USAHA

Menjadi usaha yang memproduksi cemilan dengan citarasa menggugah selera;
Menjadi sebuah usaha produksi keripik pisang renyah, higienis bergizi dan ramah lingkungan.


MISI USAHA

Memproduksi keripik  lezat dan berkualitas terbaik demi kepuasaan pelanggan. 
Menggunakan bahan baku  berkualitas serta peralatan yang bersih.

BAB II



URAIAN TENTANG ASPEK USAHA

2.1 URAIAN UMUM USAHA
Untuk saat ini jumlah prospek pasar dibidang industri khususnya di daerah Sulawesi Tengah masih sangat luas, untuk itu saya berfokus pada daerah kota Palu yang mana saya melihat potensi cukup besar terhadap bahan baku yang melimpa khusunya pisang. 

Selain sebagai cemilan, keripik pisang juga sumber vitamin vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori. yang terkadung Dalam satu buah pisang berukuran sedang  dan juga mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi, selain baik bagi kesehatan  tentunya mampu memenuhi kebutuhan gizi di banding dengan cemilan biasa yang hanya mengutamakan rasa. Terutama di masa sekarang ini, banyak produk camilan  yang bermunculan tidak menyehatkan dengan kadungan kimia yang berbahaya bagi tubuh.


2.2 LATAR BELAKANG USAHA

Sulawesi Tengah merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon pisang karena kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon pisang, namun pisang bukanlah kebutuhan pokok di Sulawesi Tengah maka ketika mereka panen mereka kebingungan untuk menjual pisang kemana, saya semakin prihatin dengan kondisi seperti itu, karena itu merupakan satu - satunya lahan pertanian yang bisa mereka jadikan sebagai mata pencahariannya maka harus ada upaya dari masyarakat khususnya para pelaku bisnis untuk turut serta membantu agar pisang yang melimpah memiliki daya jual yang tinggi .


Dengan melihat kondisi seperti ini mendorong minat kami untuk membuat sebuah usaha dan pastinya dapat membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di daerah Sulawesi Tengah yaitu dengan membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon pisang dan juga membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan.
bakal membuat olahan pisang yang melimpah menjadi keripik pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon pisang tidak  lagi kebingungan untuk menjual hasil panen nya dan dengan membuat keripik pisang ini tentunya dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran dapat berkurang.


Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Maka dari itu kami bakal membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang lebih menyukai cemilan pisang dan tidak merasa bosan

Banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai cemilan pisang dengan aneka rasa, maka pun berusaha memberikan kualitas dan mutu  baik serta harga  relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.


2.3 TUJUAN ATAU POTENSI DAN PEMBAGIAN WAKTU

Tujuan dari usaha ini adalah untuk memasarkan produk hasil olahan keripik pisang kepada masyarakat, agar memenuhi kebutuhan ekonomi serta tujuan lainnya. 


2.4 KEUNIKAN PRODUK ATAU PELAYANAN

Adapun keunikan produk atau pelayanan dari usaha  ini adalah sebagai berikut:

  1. Harga produk lebih terjangkau.
  2. Rasa yang lezat dan dapat memuaskan konsumen.
  3. Pendistribusian produk  tidak bertumpu pada satu titik.
  4. Bentuk dan kemasan produk ramah lingkungan dan berbeda dari produk lain.


BAB III



ANALISIS INDUSTRI


3.1 PENELITIAN DAN ANALISIS

A. TARGET PASAR ATAU KONSUMEN


- Masyarakat sekitar tempat usaha pada umumnya.

B. UKURAN DAN TREN ATAU KECENDERUNGAN PASAR

Berdasarkan penelitian nan kami lakukan, kecenderungan kebutuhan pasar atau konsumen lebih berarah pada makanan ringan  gurih dan renyah. Dan ciri tersebut ada pada keripik pisang. Selain proses pembuatan nya sangat mudah juga diminati oleh masyarakat luas.

C. SITUASI PERSAINGAN

Situasi persaingan kami hadapi dalam mendirikan usaha, yaitu cukup ketat  mengingat banyaknya industri rumah tangga yang memproduksi produk nan sama. 

Oleh karena itu, kami senantiasa menghasilkan produk dengan kualitas terbaik agar mendapatkan peluang emas dalam mengembangkan usaha ini. Namun apabila suatu saat ada usaha lain bakal menyamai usaha ini, maka kami bakal terus mengasah kepekaan dan kreativitas kami untuk menjadikan usaha ini menjadi usaha jauh lebih sukses.

3.2 RENCANA PEMASARAN

A. STRATEGI PASAR

Strategi pemasaran  dilakukan :

a) Keterangan Produk

Produk yang di produksi yaitu keripik pisang. Dengan bentuk dan rasa  unik, maka masyarakat luas bakal tertarik dan penasaran serta puas dengan produk kami

b) Keunggulan Produk dan Jasa

Disini kami tidak hanya menyediakan keripik pisang dengan satu rasa,  tetapi saya berusaha memadukan keripik dengan berbagai rasa, misalnya rasa coklat dan lain- lainnya.

c) Harga Produk

Harga nan kami tawarkan cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Harga tersebut tergantung dari ukuran produk, semakin besar ukuran produk maka semakin tinggi pula harga nan kami tawarkan.

d) Jalur Penjulan

Penjualan Produk dan jasa bakal di lakukan secara indoor dan outdoor, dimana tidak hanya di tempat usaha tapi  akan menyalurkan nya pada toko – toko yang menjual makanan.

B. MASALAH PENETAPAN HARGA

Harga yang bakal dikenakan adalah harga  diperkirakan bisa terjangkau oleh masyarakat sekitar. Adapun permasalahannya adalah apabila harga bahan baku maupun bahan pelengkap lainnya, nan kami  olah menjadi keripik menjulang tinggi serta adanya beberapa beban yang harus kami perhitungkan, maka produk tersebut akan tidak terlalu laku di pasaran karena beralih ke produk lainnya nan lebih murah.  Namun, selaku wirausahawan  handal, maka kami tidak bakal berhenti mencoba mencari solusi dari permasalahan tersebut.


C. PERIKLANAN DAN PROMOSI

Untuk promosi priorotas utamanya adalah melalui facebook, Instagram dan twitter. Mengikuti pameran yang diselengarakan di kota Palu, Mempresentasikan ke toko serta ke masyarakat langsung . Utamanya buat di lakukan oleh para anggota melalui teman-teman terdekat.

BAB IV



PENELITIAN, MODAL DAN PENGEMBANGAN


4.1 PENGEMBANGAN DAN RENCANA DESAIN

Usaha ini bakal terus di kembangkan dengan semangat dan komitmen nan kuat, bahkan kami selalu mencoba memproduksi berbagai olahan keripik jenis lain. Untuk modal pengembangan usaha untuk kami tambah dari modal sendiri serta kredit bank.


4.2 HASIL- HASIL PENELITIAN TEKNOLOGI

Menurut hasil penelitian kami, usaha- usaha yang berdiri di daerah Sulawesi Tengah ini kurang melakukan sosialisasi dengan masyarakat sehingga usaha mereka tidak berkembang pesat. Usaha ini mengutamakan bidang industri karena di modern ini, makin banyak olahan makanan yang dimunculkan namun tidak mengutamakan gizi nya.
 

BAB V

ASPEK MANAJEMEN



Weaknes (Kelemahan)

1.     Bahan baku keripik pisang  mudah rusak
2.    Keripik pisang bakal mudah rusak jika penyimpanan  dilakukan sembarangan atau ditumpuk
Oportunity (Peluang) 
a.     Kondisi masyarakat nan semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk.
b.    Permintaan pasar nan semakin meningkat
Threaty (Ancaman) : 
Munculnya produsen- produsen baru yang sejenis,  nan berusaha menyaingi usaha, dengan beraneka ragam promosi diskon, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.




BAB VI
ASPEK RESIKO

7.1  MASALAH – MASALAH YANG POTENSIAL
Masalah- masalah  dalam mendirikan usaha ini adalah banyaknya produsen lain yang memproduksi jenis olahan makanan berjenis sama. Namun demikian, saya berusaha memproduksi olahan makanan  berkualitas dan bergizi serta ramah lingkungan. Masalah nan dialami oleh beberapa usaha yaitu masalah mengenai keuangan. Oleh karena itu, saya berusaha mengatur semua aspek keuangan.

7.2  RESIKO DAN HAMBATAN

 Resiko nan dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya toko-toko yang menjual makanan lebih murah, adanya manajemen pengelolah  kurang rapi, terdapatnya cacat pada barang yang  didistribusikan, tempat  kurang strategis, respon dari masyarakat kurang baik dan lainnya.

7.3   TINDAKAN ALTERNATIF 

Berikut ini adalah tindakan- tindakan alternatif kami dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko tersebut:
-  saya bakal membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan  merancang sistem akuntansi .
-   saya akan mengikat kerjasama nan baik dengan beberapa toko makanan
-   saya akan membuat ciri khas tertentu produk  saya baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture  menarik, dan leaflet promosi.
Strength (Kekuatan) 
  harga keripik pisang ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
  kualitas dari keripik pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.

Keripik pisang ini mempunyai rasa  gurih dan enak
Weaknes (Kelemahan)

1.     Bahan baku keripik pisang  mudah rusak
2.    Keripik pisang bakal mudah rusak jika penyimpanan dilakukan sembarangan atau ditumpuk

Oportunity (Peluang) 
a.     Kondisi masyarakat semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
b.    Permintaan pasar  semakin meningkat
Threaty (Ancaman) : 
Munculnya produsen- produsen barusejenis nan berusaha menyaingi perusahaan saya, dengan beraneka ragam promosi diskon, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.


BAB VII

ASPEK FINANSIAL


8.1  PERKIRAAN FINANSIAL
A.   KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN

Apabila saya menjalankan usaha ini dengan lancar dan sukses, maka secara otomatis  mendapatkan beberapa keuntungan  cukup besar. saya berusaha agar usaha  ini tidak mengalami kerugian. Dengan melakukan manajemen keuangan secara baik.

B.   Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)

Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik pisang dan biaya - biaya  bakal keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
  harga keripik pisang ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
  kualitas dari keripik pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
   keripik pisang ini mempunyai rasa  gurih dan enak



loading...
B.   Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)

Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik pisang dan biaya - biaya  bakal keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
1
Pisang
Rp. 10.000 / Sisir
2
Minyak                     
Rp. 15.000/ liter
3
Bumbu 
Rp. 12.500 / Bungkus
4
Biaya Pembungkus
Rp. 15.000
5
Biaya Transportasi
Rp. 10.000
6
Biaya tenaga kerja
Rp. 20.000
7
Lain - Lain
Rp. 18.000

Ø  Pisang 10 sisir     x     Rp.  15.000 = Rp. 150.000
Ø  Minyak 3 liter      x     Rp. 15.000   = Rp.45.000
Ø  Bumbu 4 Bungkus Aneka rasa = Rp. 50.000
Ø  Biaya pembungkus                          = Rp. 15.000
Ø  Biaya transportasi                            = Rp. 10.000 
Ø Biaya tenaga kerja                           = Rp. 20.000
Ø  Lain – lain gas                                 = Rp. 18.000 
     total                                                      = Rp.308.000

Keripik dibungkus kecil-kecil dengan ukuran 250 gram Rp 15.000

10.000/250 = 40 bks

Rp 15.000 x 40 = 600.000

Keuntungan Rp 600.000 - Rp 308.000 = 
Rp 292.000       /Hari
Rp 2.044.00    /Minggu *(7  hari kerja  )
RP 8,760,000‬/ Bulan      (30 hari Kerja )
Adapun perhitungan rugi / laba selama proses produksi hingga proses pemasaran keripik pisang ini, dari mulai modal 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan dan laba  diperoleh selama 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan.  








loading...

Komentar