Langsung ke konten utama

Keindahan Taman Laut Tanjung Karang Donggala

Tanjung Karang Donggala adalah rumah  ikan dan terumbu karang warna warni, Panorama keindahan taman laut Tanjung Karang Donggala tidak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan mancanegara maupun lokal, datang bertandang untuk menikmati keindahan taman  laut nan memukau di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah ini.

Pemandangan  tanjung karang terlihat seperti surga bagi penyelam sehingga banyak wisatwan berseliweran, sambil membawa peralatan menyelam "Diving" atau snorkeling peralatan wajib yang diggunakan untuk dapat mengexplore  lebih dalam cantiknya  taman laut  tanjung karang.

Pantai Tanjung Karang Donggala
Spirobranchus giganteus Menghiasi Terumbu Karang di Taman Laut Tanjung Karang


Hamparan pasir putih menghiasi Sepanjang garis  Tanjung Karang Donggala, air laut nya  biru dan jernih perpaduan nan kontras siap menghipnotis siapa saja  datang menghampirinya , sekedar menghabiskan waktu liburan di akhir pekan maupun rencana  libran lebih  lama menikmati keindahan  Tanjung Karang Doggala nan memukau.

Pantai Tanjung Karang Donggala
Scuba Dive Pantai Tanjung Karang Donggala

Tanjung Karang Donggala merupakan salah satu  kawasan konservasi laut  di Sulawesi Tengah,  tanjung karang Donggala merupakan  pantai indah  nan mempesona, andalan dengan potensi wisata bahari  Sulawesi Tengah .

Pantai Tanjung Karang Donggala
 Taman Bawa Laut Tanjung Karang, Rumah Ikan Badut 


Berada tidak jauh dari jantung kota tua Donggala, letak keindahan  tanjung karang   tersembunyi. Bagi sebagian wisatawan yang  pernah datang ke tanjung karang  Donggala,  bakal takjub dengan keindahan taman Laut  tanjung karang,  dihuni oleh beraneka ragam biota laut.

Taman Laut Tanjung Karang
Ikan Badut salah satu penghuni Taman Bawa Laut Pantai Tanjung Karang Donggala

Aktivitas snorkeling adalah pilihan tepat untuk menikmati keindahan taman laut  tanjung karang, bagi yang tidak dapat berenang kamu tidak perlu kuatir  tersedia perahu dengan kaca menembus bawah laut "Glass Bottom Boat"  dapat disewakan.
Pantai Tanjung Karang Donggala
Free dive  di Taman Laut Tanjung Karang Donggala

Namun dibalik keindahan taman bawah laut pantai tanjung karang Donggala, tidak heran setiap libur pekan selalu ramai pengunjung, namun dibalik ketenaran tanjung karang, kita masih dapat menyaksikan   sampah plastik  berserakan dibuang pengunjung. 

Bahkan  lebih parah lagi,  dampak kerusakan terumbu karang akibat ulah wisatawan nakal terkadang menginjak karang saat berenang, em..padahal  ekosistem terumbu karang di tanjung karang untuk beberapa jenis karang  tumbuhnya sangat lambat dan memerlukan waktu  cukup lama untuk dapat mekar menjadi bunga karang. 

Pentingnya kesadaran  masyarakat untuk menjaga kelestarian taman bawah laut  Tanjung Karang, agar lestari  dan ke indah nya dapat diwariskan turun temurun  bertahan untuk selamnya.
Pantai Tanjung Karang Donggala
Aneka Biota Laut di Pantai Tanjung Karang Donggala
Pantai Tanjung Karang Donggala,  juga merupakan destinasi wisata andalan Sulawesi Tengah ,  mampu memikat banyak wisatawan karena keindahan taman bawa laut nya nan memikat hati, pilihan menghabiskan waktu liburan sedikit lebih lama, adalah ide menarik terdapat   banyak cottage  disewakan di sepanjang pesisir laut  Tanjung karang Donggala, untuk inap santai tanjung karang pilihannya pun beragam mulai dari harga terendah sampai tertinggi, menyesuaikan budget liburan.

Untuk hotel tanjung karang sampai saat ini belum tersedia namun kamu dapat menyewa hotel di kota tua Donggala yang lokasinya cukup dekat dari  tanjung karang, buat yang ingin mencoba sensasi menyelam,  salah satu cottage  di  tanjung karang memiliki peralatan   scuba yang disewakan, tentunya bersama instruktur yang berpengalaman,   namun jika hanya sekedar snorkeling atau freedive,  kamu dapat menyewa peralatan snorekeling yang disewakan pedagang lokal.

 







loading...
loading...

Komentar