Langsung ke konten utama

Kepulauan Togean Surga Wisata Bahari Di Sulawesi Tengah

Keindahan Togean tidak perlu diragukan lagi, andalan Wisata Bahari Di Sulawesi Tengah ini dapat membius wisatawan Domestik bahkan Mancanegara untuk  datang   menghabiskan waktu berlibur di pulau terindah  di Tojo Una una . 

kepulauan togean
Togean Island

Menjadi salah satu andalan wisata Ampana , Provinsi Sulawesi Tengah,  pemandangan alamnya nan indah, siap memanjakan siapa saja datang menghampirinya,  formasi tebing karang menjulang tinggi menghiasi laut di Kepulauan Togean, rumah berbagai  ragam jenis ikan dan terumbu karang warna warni,  keramahan penduduk lokal, keunikan suku bajo, menjadi daya tarik pemikat hati pesona mutiara di katulistiwa.

togean island
Suasana Togean

Menempuh perjalanan darat kurang lebih 378 kilometer dengan mengunakan jasa  travel touna indah, salah satu agent perjalanan darat  cukup terpercaya dan nyaman, beralamat Jl. samratulangi palu, dengan harga tiket Palu - Ampana saat ini Rp. 150.000,- , perjalan  panjang ini sangat meleleh kan namun perjalan  melewati kabupaten Parigi dan Poso, ini akan terbayarkan dengan keindahan togean island surga wisata Ampana ,  Sulawesi Tengah.

Pilihan waktu keberangkatan menggunakan travel pagi dan sore hari, berhubung saya berangkat sore saya pun tiba di Ampana  jam 2 malam menjelang pagi,  untuk melanjutkan perjalanan esok harinya menuju wakai saya pun harus menunggu beberapa jam di Ampana, Saat ini Bandara Tanjung Api Ampana tersedia  menjadi jalur perjalanan udara menuju Ampana dari luar kota, Bandara Ampana  berlokasi tepatnya di Desa Pusungi, Kec. Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah.
loading...
ini merupakan salah satu bandara domestik  di Indonesia melayani rute penerbangan menuju Ampana , dulunya wisatawan hanya dapat melewati  jalur penerbangan melalui  Luwuk atau Kota Palu namun dengan dibangunnya bandara Tanjung Api menjadikan perjalanan jadi lebih singkat bagi wisatawan dari luar kota jika ingin menikmati indahnya Kepulauan Togean. 

Kepualauan Togean
Kepualauan Togean

Sekitar pukul 8 pagi saya sudah berada di pelabuhan Ampana untuk memesan tiket KM TOUNA dengan harga tiketnya Rp. 30.000,- ,dengan jadwal ke berangkatan jam 10 pagi menuju wakai, namun ada alternatif lain lebih cepatnya dengan menggunakan speedboat, sambil menunggu kapal berangkat saya mencari sarapan disekitaran pelabuhan, nasi kuning atau burasa merupakan pilihan saya  pagi ini.



togean island
Pemandangan Karang Menjulang Tinggi Menghiasi Lautan Togena

Menempuh perjalanan Laut kurang lebih 9 jam kita akan di suguhkan pemandangan laut nan indah diantara pulau-pulau untuk menghilangkan rasa jenuh selama perjalanan panjang kita bisa sesekali naik keatas dek kapal untuk melihat pemandangan, saya pun tiba di pelabuhan wakai, dan masih akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu kayu katinting, menuju togean island, biasanya para pemilik cottage sudah mempersiapkan transportasi untuk menjemput tamu di pelabuhan wakai,   saya memilih menginap di  pondok lestari punya tante Una dengan harga sewa perhari Rp. 250.000,- /orang include sarapan, makan siang dan malam, satu-satunya cottage milik penduduk lokal dengan suasana dan keramahan pemilik asli penduduk wakai,  membuat saya nyaman sekali menginap disini.



kepulauan togean
Danau Ubur-Ubur Mariona Togean

Trip hari pertama Danau Ubur-Ubur Mariona  sangat terkenal karena di huni jutaan ubur-ubur tidak menyengat, terlihat seperti danau  mungkin dulu adalah lautan namun surut, dan air laut tersebut terkurung dan membentuk lubang  menyerupai danau hasil sebuah proses alam, termasuk habitat ubur-ubur, berkembang biak dan berubah mengikuti proses alam, sehingga  tidak lagi menyengat, seperti ubur-ubur pada umumnya.

Pantai marina, pantai dengan pasir putih bonus perjalanan,  menikmati pemandangan bawa lautnya dihuni beraneka ragam  ikan unyu - unyu  bersama  indahnya terumbu karang warna - warni.   

Jika beruntung kita akan melihat beberapa jenis - jenis ikan langkah  jarang kita jumpai, hanyut menikmati pemandangan bawa laut pantai pasir putih marina, tidak terasa  saya harus segera kembali ke penginapan, dalam perjalanan pulang kita akan  melewati perkampungan bajo, yang masuk dalam paket  trip hari ini,  terlihat  rumah-rumah terapung, berderet di pinggiran pantai, perahu pun terus berjalan menjauh meninggalkan perkampungan dan   matahari berangsur mulai terbenam, seakan mengucapkan salam seribu damai dari Kepulauan Togean di perjalanan wisata Ampana kali ini.
togean island
 Rumah Apung Kampung Bajo Togean


Malam  sunyi di kepulauan togean membawa rasa damai, terdengar  deru ombak di lautan saling bersahutan derik suara jangkrik, sambil berayun-ayun diatas hamock menikmati angin sepoi sepoi saya sangat menikmati suasana di kepulauan Togean, rasa kantuk kian memberatkan  kedua mata untuk beristirahat dalam mimpi untuk menyambut pagi nan indah di togean island.

Suara ayam berkokok mulai terdengar sayup-sayup, cahaya sinar pagi lembut mulai masuk  menembus cela dinding-dinding kayu di pondok lestari, tercium aroma seduhan kopi tante una mulai tercium, membangkitkan semangat pagi, saya pun mulai melangkahkan kaki berjalan-jalan diantara pasir putih meninggalkan bekas tapak kaki, terdapat sebuah dermaga kayu panjang tepat di depan pulau togean lengkap dengan gaseboh, bisa jadi tempat bersantai di waktu pagi sambil mengumpulkan energi positif.

Tidak terasa liburan selama 3 hari 2 malam di kepulauan togean harus berakhir sudah,  di akhir  liburan menyenangkan ini saya menyempatkan diri untuk snorkeling tepat dekat dermaga kayu togean island  dan merupakan salah satu   spot bawa lautdi Kepulauan Togean. 

Berhubungal jadwal kapal ferry harus menunggu sekitar 2 hari lagi, alternatif lainnya  adalah dengan memesan speedboat untuk mengantar balik ke Ampana. setiba di Ampana  sempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata Ampana terdekat dari jantung kota Ampana dapat di temukan sebagai bonus perjalanan, pemandian malotong dengan mata air tawar diantara sela karang-karang, keunikan tanjung api dengan fenomena gas alamnya, sensasi pasir timbul ditengah lautan.  
loading...

Komentar